Apakah anda salah satu yang putus asa mengalami gangguan saat Browsing di Internet? Saat anda browsing menggunakan mesin pencari Google namun yang keluar adalah Yahoo? Sewaktu anda browsing di salah satu website E-commerce namun selalu banyak iklan yang bermunculan baik iklan dari Lazada, Buka lapak, Tokopedia, Matahari Mall, Zalora, Rakuten.

Selamat anda terkena virus!! Virus ini di dunia IT dinamakan “Adware“. Singkat cerita saya sendiri sebagai penulis terganggu dengan virus ini, banyak cara yang sudah dilakukan untuk mencari akar permasalahan kenapa browser unggulan saya Chrome jadi terinfeksi virus ini. Mulai dari install ulang Chrome, menghapus “cookies dan history” dan cara-cara lainnya yang lebih ribet. Namun selalu gagal.

Adware

Penulis akhirnya menemukan “Culprit” dari semua masalah  di atas. Software entah dari mana tiba-tiba muncul di  laptop saya dan cukup mengganggu kenyamanan dalam ber internet ria. Nama software ini adalah: “Great Find“. Nah Penulis ingin sharing gimana caranya membumi hanguskan semua antek-antek Great Find ini selamanya dari layar laptop anda.  Bisa sih dengan cara Uninstall dari Control Panel, tapi kemungkinan antek-anteknya masih bersembunyi dibalik layar.

Sedikit info virus “adware” ini kalo tidak di berantas secepatnya, kemungkinan lambat tapi pasti akan men-slowdown proses di komputer anda, paling parahnya adalah identity theft yaitu pencurian data pribadi anda secara online, paling minim yang di curi adalah kebiasaan anda berselancar di Internet. Selama penulis mengamati cara kerja “virus- adware” ini ada beberapa data login yang bisa dicuri, seperti User name dan Password.  Jadi lebih baik bila komputer anda sudah terinfeksi “Great Find” atau sejenisnya lebih baik secepatnya di hilangkan.

Solusi Adware

Ada banyak solusi yang bisa di coba dan bisa di sharingkan kembali ke penulis, dan berikut adalah salah satu solusi mudah yang ingin penulis sharingkan caranya yaitu dengan menggunakan software Revo Uninstaller sebagai berikut:

  1. Install Program Revo Uninstaller
  2. Jalankan Program Revo

 

Clip

3. Masukkan “Great Find”

4. Setelah ditemukan kemudian klik pilihan Uninstall.

5. Pilih advanced mode, agar semua antek-antek “Great Find” ditemukan dan di eliminasi.

Clip_2

6. Bila sudah selesai Klik Finish.

Maka berakhirlah semua penderitaan anda yang selama ini terganggu aktivitas browsingnya di Internet. Satu lagi yang penulis ingatkan, sewaktu browsing atau mendownload program, film, audio dan lainnya dari Internet harap di cermati terkadang disisipi oleh software bundling yang tidak kita inginkan.

Akhir kata  — Happy Browsing and Downloading!! —

Salam Entrepreneur

RT