Pertanyaan “Apa Judul Lagu Ini?”, “Siapa Penyanyinya?”, “Apa Judul Albumnya?”, merupakan pertanyaan  nampaknya seringkali kita temui. Kadangkali kita asyik mendengarkan lagu di radio, di tempat umum, atau di tempat yang kita kunjungi, namun kita tidak mengetahui judul maupun penyanyinya. Orang yang kita temui di tempat tersebut pun belum tentu tahu informasi mengenai lagu yang kita dengarkan.

Solusi Teknologi Informasi Untuk Menjawab Pertanyaan “Apa Judul Lagu Ini?”

Lalu apa ya solusinya? apakah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui judul lagu dan penyanyi yang sedang kita dengarkan tersebut? apakah kita bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan datanya? Jawabannya… tentu bisa dong… pengin tahu aja atau pengin tahu banget? simak deh beberapa aplikasi yang bisa dijalankan di smartphone maupun tablet kita untuk membantu kita menemukan lagu yang menarik perhatian kita…

Top 3 Apps Untuk Membantu Menemukan Lagu Yang Kita Cari

Berikut adalah daftar 10 Apps yang dapat membantu kita menemukan Judul Lagu maupun Penyanyi dari lagu yang sedang kita dengarkan:

  1. Soundhound (Free)

    Apps yang tersedia dalam versi Android, iOS, maupun mobile os lain ini merupakan apps yang sangat menakjubkan dalam kemampuannya mengenali lagu. Tidak hanya mampu mengenali lagu asli yang sedang diputar, namun juga mampu menganalisa dan mengenai lagu yang kita gunamkan… ooh laaa laa… Hebatnya lagi, Soundhound tersedia dan dapat dimanfaatkan secara gratis. Dengan aplikasi ini kita dapat pula mendapatkan informasi lebih detail dari penyanyi lagu yang kita cari, baik discography maupun daftar lagunya yang mampu mencapai tangga lagu dunia.
    Download: Google Play, iTunes, Blackberry App World, Windows Phone

    SoundHound ScreenShot


  2. Shazam (Free)

    Shazam memiliki kemampuan serupa dengan Soundhound dalam mengenali lagu, dan dapat didownload secara gratis pula. Secara umum akurasi yang dihasilkan setara pula dengan Soundhound.
    Download: Google Play, iTunes, Blackberry App World, Windows Phone

    Shazam Screenshot


  3. MusixMatch (Free)

    Aplikasi ini bukan merupakan tandingan bagi kedua aplikasi yang telah disebutkan di atas dari sisi kemampuan untuk mengenali lagu yang kita dengarkan. Namun demikian aplikasi ini cukup ampuh membantu kita menemukan lagu yang dicari apabila pendengar mengenai lirik lagu yang dicari. Namun demikian, fitur Karaoke yang disediakan MusixMatch nampaknya merupakan kekuatan tersendiri yang dimiliki aplikasi ini.
    Download: Google Play, iTunes

    MusixMatch Screenshot

Jadi tunggu apa lagi? download apps di atas dan temukan lagu favoritmu….

 

20150925
SEW