Gelaran SNAPTI 2015 usai sudah, acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra ini mendapatkan perhatian media media massa, diantara dalam artikel yang ditulis oleh Antara Jatim dan Republika. Simak tulisan yang tercantum dalam kedua media masa tersebut di bawah ini. Kedua artikel tersebut memfokuskan beritanya pada pemberian penghargaan Social Technopreneur Award. Pada SNAPTI 2015 ini, Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini Menerima Penghargaan “Social Technopreneur Award” untuk Government Inisiator.

Risma Terima “Social Technopreneur Award” dari Universitas Ciputra

Surabaya (Antara Jatim) – Wali Kota Surabaya Ir Tri Rismaharini MT menerima “Social Technopreneur Award” di bidang ICT (information and communication technology) untuk kategori “Government Initiator” dari Universitas Ciputra Surabaya, karena dinilai sukses membuat konsep kota berbasis ICT.

“Konsep kota berbasis teknologi itu membuat banyak perubahan mulai dari pemotongan alur birokrasi hingga menyentuh masyarakat secara langsung,” kata Ketua Panitia SNAPTI (Seminar Nasional Aplikasi dan Pengembangan Teknologi Informasi) 2015, Caecilia Citra Lestari M.Kom, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, “Social Technopreneur Award” yang dianugerahkan Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra itu merupakan acara penutupan dari SNAPTI 2015. Acaranya diawali dengan seminar dan diskusi pararel.

“Social Technopreneur Award diberikan oleh program studi Teknik Informatika Universitas Ciputra untuk tokoh-tokoh yang memberikan dampak pada masyarakat luas melalui teknologi. Sayang sekali, Bu Risma berhalangan untuk menerima langsung,” katanya.

Tahun 2015, Social Technopreneur Award memiliki tiga kategori, yakni Citizen Initiator, Government Initiator, dan Promising Startup.

Tahun ini, Citizen Initiator dianugerahkan kepada Ainun Nadjib B.Eng selaku pendiri kawalpemilu.org, kawalapbd.org, dan kawalpilkada.org.

Untuk kategori “Government Initiator” diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, lalu kategori “Promising Startup” diberikan kepada “startup” yang diyakini akan memberikan sumbangsih pada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.

“Tahun ini, kategori ‘Promising Startup’ dianugerahkan kepada Pasienia, pemenang Bootcamp StartSurabaya,” katanya.

Selain itu, panitia juga menganugerahkan “Best Paper”.

Pemenang I Best Paper adalah Wiwik Anggraeni, Rully Agus Hendrawan dan Theresia Ratih D, dengan judul  “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan Untuk Pengambilan Keputusan Hotel XYZ”.

Untuk pemenang II adalah Gilrandy Septiansyah dengan judul “Rancang Bangun Sistem Pencatatan Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas secara Online Berbasis Web dan Mobile Application”.

“Penganugerahan awards itu diawali dengan seminar SNAPTI dan SNAPTI sendiri merupakan wadah para cendekia dari bidang akademik, praktisi/industri, dan pemerintah, untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang TIK,” katanya.

Dalam seminar bertajuk ‘Menjadi Tuan Rumah Pengembangan Teknologi Informasi di Negeri Sendiri’ itu, panitia menghadirkan tiga tokoh yakni Bonifasius Pudjianto PhD (Kasubdit Pemberdayaan Informatika Masyarakat Perkotaan Kemkominfo), dan Ainun Najib, B.Eng, salah satu pelopor dan penggerak kawalpemilu.org.

Pembicara ketiga adalah Rektor Universitas Ciputra, Toni Antonio, M.Eng, yang juga merupakan dosen Teknik Informatika di universitasnya.

Setelah sesi seminar, acara dilanjutkan dengan sesi paralel, yaitu ajang para peserta saling berbagi pengetahuan hasil dari penelitian mereka. Pada SNAPTI 2015 terdapat 42 judul karya ilmiah yang dipresentasikan dalam enam kelompok sesi.

Keenam kelompok sesi adalah Implemetantion and Development of Information Systems; Development of Mobile Systems; Technology Adoption, Implementation, and Systems Audit; Computational Intelligence and Applications; Development of Multimedia Systems’ dan Evelopment of Information Systems. (*)

Editor: Tunggul Susilo

 

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/159695/risma-terima-social-technopreneur-award-dari-universitas-ciputra

Tri Rismaharini Menerima Penghargaan  Dari Universitas Ciputra

wali-kota-surabaya-tri-rismaharini-_150512191329-926

Photo: Republika/Wildan H

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima Social Technopreneur Award di bidang teknologi komunikasi dan informasi untuk kategori Government Initiator dari Universitas Ciputra Surabaya karena dinilai sukses membuat konsep kota berbasis ICT.

“Konsep kota berbasis teknologi itu membuat banyak perubahan mulai dari pemotongan alur birokrasi hingga menyentuh masyarakat secara langsung,” kata Ketua Panitia SNAPTI (Seminar Nasional Aplikasi dan Pengembangan Teknologi Informasi) 2015 Caecilia Citra Lestari M.Kom, Jumat (26/6).

Menurut dia, Social Technopreneur Award yang dianugerahkan Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra itu merupakan acara penutupan dari SNAPTI 2015. Acaranya diawali dengan seminar dan diskusi pararel.

“Social Technopreneur Award diberikan oleh program studi Teknik Informatika Universitas Ciputra untuk tokoh-tokoh yang memberikan dampak pada masyarakat luas melalui teknologi. Sayang sekali, Bu Risma berhalangan untuk menerima langsung,” katanya.

Tahun 2015, Social Technopreneur Award memiliki tiga kategori, yakni Citizen Initiator, Government Initiator, dan Promising Startup.

Tahun ini, Citizen Initiator dianugerahkan kepada Ainun Nadjib B.Eng selaku pendiri kawalpemilu.org, kawalapbd.org, dan kawalpilkada.org.

Untuk kategori Government Initiator diterima Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, lalu kategori Promising Startup diberikan kepada startup yang diyakini akan memberikan sumbangsih pada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.

“Tahun ini, kategori Promising Startup dianugerahkan kepada Pasienia, pemenang Bootcamp StartSurabaya,” katanya.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/06/26/nqk1ua-risma-raih-penghargaan-dari-universitas-ciputra