Roger von Occh, salah satu pelatih kreativitas terkemuka yang mendapatkan Ph.D. dari Stanford University menyebutkan dalam bukunya yang berjudul “A Whack on the Side of the Heal ” bahwa terdapat 10 halangan untuk menjadi kreatif yaitu:

1. Trying to Find the “Right” Answer
2. Logical Thinking
3. Following Rules
4. Being Practical
5. Play is Not Work
6. That’s Not My Job
7. Being a “Serious” Person
8. Avoiding Ambiguity
9. Being Wrong is Bad
10. I’m Not Creative

Bila kita perhatikan baik-baik, sebagian besar dari kita atau anak-anak kita di sekolah maupun di rumah juga mengalami kesepuluh penghalang tersebut. Mari kita urai.

  1. Trying to Find the “Right” Answer: Temukan jawaban yang tepat! Siapa bilang untuk setiap persoalan hanya ada satu jawaban yang tepat.
  2. Logical Thinking: Pakai akal sehatmu! Tidak semua hal dalam kehidupan bisa diterangkan dengan logika.
  3. Following Rules: Ikuti aturan yang sudah ada! Ada aturan yang harus diikuti, ada yang harus diganti karena kadaluwarsa, dan ada yang harus dilanggar karena ternyata dulu salah.
  4. Being Practical: Langsung saja to the point, jangan mutar-mutar! Padahal peserta didik yang “berputar-putar” sedang melakukan eksplorasi lebih luas.
  5. Play is Not Work: Kok main terus! Siapa bilang tidak ada proses kreatif dalam bermain.
  6. That’s Not My Job: Kerjakan saja apa yang jadi pekerjaanmu! Dia tertarik dengan pekerjaan temannya karena itu lebih memiliki tantangan kreatifitas dan cocok dengan talentanya.
  7. Being a “Serious” Person: Jangan bercanda ya! Bercanda memang harus ada tempatnya namun bukan berarti sama sekali tidak boleh. Dalam tertawa ide-ide segar keluar lebih lancar.
  8. Avoiding Ambiguity: Jangan cari yang repot, yang jelas-jelas saja! Entrepreneur akan selalu menghadapi ambiguitas. Bila sejak kecil tidak dibiasakan berani menghadapi ambiguitas akan sangat sukar untuk sukses dalam Entrepreneurship.
  9. Being Wrong is Bad: Kalau kamu salah akan dihukum! Kalah dan menang, gagal dan berhasil, memiliki nilai yang sama. Hukuman-hukuman untuk “kesalahan” secara berlebihan atau tidak ada toleransi terhadap kegagalan akan membuat jiwa muda takut gagal. Tidak ada orang yang takut gagal bisa berhasil hidupnya.
  10. I’m Not Creative: Kamu memang tidak kreatif! Ini adalah pelabelan yang sangat mahal biaya sosialnya. Seorang anak yang disuntikkan pesan tidak kreatif secara terus menerus akan menanggung akibatnya sampai akhir kehidupannya.