Kompetisi Unity diadakan kembali oleh UKM Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Dies Natalis ke-59 UNY. Kompetisi yang dinamakan dengan Unity Competition #11 ini merupakan kompetisi nasional dengan mengusung tema Empowering Diversity and Inclusion Through Technology for Indonesia’s Future Generation. Pada kompetisi Unity #11 tahun ini, terdapat 3 kategori perlombaaan yang bisa diikuti yaitu Capture The Flag, UI/UX Design, dan Software Development.

Pendaftaran dan pengumpulan berkas kompetisi Unity #11 dibuka mulai tanggal 21 Maret 2023 hingga 27 April 2023. Selanjutnya pada tanggal 27 April 2023 hingga 7 Mei 2023 dilakukan sesi penjurian terhadap karya peserta yang telah dikumpulkan selama proses pendaftaran. Dari semua karya yang telah diterima pada saat sesi pendaftaran, akan dipilih 10 karya terbaik dari peserta untuk melanjutkan kompetisi di babak finalis. Pengumuman finalis diumumkan pada tanggal 8 Mei 2023.

Team dari Program Studi Informatika Universitas Ciputra berhasil menjadi salah satu dari Top 10 teams yang mendapatkan kesempatan untuk melaju ke babak final pada kategori Software Development. Salah satu team mengundurkan diri dan tidak hadir babak final yang diselenggarakan secara luring di Yogyakarta.

Berikut 9 nama tim finalis kompetisi Unity #11 beserta asal universitasnya pada cabang Software Development:

  1. Tim Gfuture (Politeknik Harapan Bersama)
  2. Rise (Universitas Ciputra Surabaya)
  3. Tim Carbonara (Universitas Bina Nusantara)
  4. EEPIG (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
  5. OSORA (Universitas Amikom Yogyakarta)
  6. Tim BCC KICK IT (Universitas Brawijaya)
  7. 404 Team (Universitas Negeri Yogyakarta)
  8. Tim Speda Production (Universitas Pertamina)
  9. Tim Batur Raion (Universitas Brawijaya)

Para finalis kemudian mengumpulkan berkas berupa slide deck presentasi dan link aplikasi dari karya masing-masing tim sebelum presentasi secara on site di babak final. Pengumpulan berkas finalis dikumpulkan sebelum tanggal 18 Mei 2023.

Penyisihan babak final Unity #11 diadakan pada hari Jumat, 19 Mei 2023 di kampus Universitas Negeri Yogyakarta tepatnya di Jl. Kolombo No. 1, Karang Malang, Caturtunggal.

Penutupan dan Awarding Day kompetisi Unity #11 diadakan pada tanggal 20 Mei 2023. Setelah bersaing dengan sangat ketat dengan tim lainnya, Tim Rise dari Universitas Ciputra Surabaya yang terdiri dari Nur Azizah (IMT 2020), Michael Eko Hartono Gunawan (IMT 2020), dan Achmad Rijalu Arianindita IMT (2020), berhasil menempati posisi diurutan ke-5 di cabang Software Development pada kompetisi Unity #11. Meskipun belum berhasil menjadi juara, team merasa bangga dengan prestasi yang telah dicapai. Pengalaman berpartisipasi dalam kompetisi Unity #11 ini telah memberi team Rise kesempatan untuk belajar, berkembang, dan memperluas jaringan profesional kami.

Semoga lebih sukses di kesempatan berikutnya!

written by: Nur Azizah (IMT 2020)