Pada tanggal 15 April 2023, Informatics Student Union (SU IMT) Universitas Ciputra menerima rombongan studi banding dari Himpunan Mahasiswa Finance Universitas Kristen Petra (HIMA Finance UKP) di gedung baru Universitas Ciputra Surabaya. Tujuan dari pelaksanaan studi banding ini adalah agar kedua himpunan mahasiswa dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman mereka selama berada di organisasi tersebut. Dengan demikian, nantinya masing-masing himpunan mahasiswa bisa mendapatkan masukan saran dan kritik untuk mengembangkan kualitas himpunan mahasiswa mereka.

Rangkaian acara ini sendiri dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan kegiatan registrasi peserta studi banding. Setelah registrasi, acara mulai dibuka dengan sambutan dari MC yang bertugas serta doa pembuka supaya sekiranya acara tersebut bisa berjalan dari awal hingga akhir dengan lancar. Selesai berdoa, peserta studi banding mendengarkan kata-kata sambutan dari masing-masing ketua himpunan mahasiswa. Dari kata-kata sambutan tersebut, masing-masing ketua himpunan mahasiswa memiliki ekspektasi yang besar terhadap kegiatan studi banding ini.

Setelah sambutan berakhir, dimulailah acara utama dalam kegiatan studi banding ini, yaitu presentasi seputar struktur, sistematika kerja, serta anggota-anggota organisasi yang disampaikan oleh ketua dari masing-masing himpunan mahasiswa. Dari presentasi tersebut menunjukkan bahwa masing-masing himpunan mahasiswa memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri terkait struktur dan juga sistematika kerja organisasi mereka. Kemudian, acara dilanjutkan dengan ice breaking dan tiap peserta yang ikut terlihat sangat bersemangat dan giat dalam mengikuti acara ice breaking ini sehingga bisa terjadi bonding antara SU IMT dan juga HIMA Finance UKP. Namun, kegiatan bonding tidak hanya terhenti sampai di situ saja, melainkan dilanjutkan pada acara berikutnya, yaitu sharing antar tiap divisi yang ada. Pada sesi sharing divisi ini, tiap divisi dari SU IMT dikelompokkan dengan tiap divisi dari HIMA Finance UKP sesuai dengan jobdesk mereka dan mereka mulai menjelaskan tentang bagaimana mereka bekerja sehingga dapat menyelesaikan jobdesk yang diberikan.

Setelah sesi sharing selesai, acara dilanjutkan dengan waktu untuk istirahat, dimana para peserta studi banding diberikan konsumsi dan mereka saling berbincang-bincang sambil memakan konsumsi yang diberikan sehingga makin mempererat relasi antar kedua belah HIMA. Tak lama kemudian, waktu istirahat telah habis dan acara dilanjutkan dengan pemberian plakat antar kedua HIMA, dimana masing-masing plakat diserahkan oleh ketua salah satu HIMA kepada HIMA yang lain. Sesi pemberian plakat merupakan sesi yang menciptakan kenang-kenangan bagi masing-masing himpunan mahasiswa karena dengan plakat itu mereka bisa mengingat momen, pelajaran, dan pengalaman yang didapatkan dari studi banding ini. Namun, sesi pemberian plakat ini juga sekaligus menjadi sesi yang menandakan bahwa rangkaian acara studi banding akan segera berakhir. Sebelum acara berakhir, acara ditutup dengan doa dan, sebagai tuan rumah, SU IMT mengajak HIMA Finance UKP untuk melakukan tour seputar fasilitas-fasilitas prodi IMT UC. Tak lupa juga setelah sesi tour berakhir, para peserta studi banding ini melakukan dokumentasi bersama sebagai acara penutup pada kegiatan studi banding tersebut.

Kegiatan studi banding antara SU IMT UC dan juga HIMA Finance UKP ini bisa dikatakan sukses pelaksanaannya karena jalannya seluruh kegiatan bisa berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Sekiranya melalui kegiatan ini bisa menjadi bahan bagi SU IMT UC dan juga HIMA Finance UKP untuk mengembangkan kualitas organisasinya ke depan.

written by: Timothy (IMT 2020, Ketua SU IMT Periode 2022/2023)