Pada awal tahun 2023 ini mahasiswa Program Studi Informatika kembali  mendapat kesempatan untuk bisa melakukan Company Visit/Studi Ekskursi ke Jakarta setelah harus melewati masa-masa perkuliahan online karena pandemi. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 29 Januari – 4 Februari ini diikuti oleh 16 orang mahasiswa yang didampingi oleh Dosen Program Studi Informatika Dipl.-Inf. Laura Mahendratta Tjahjono dan Mychael Maoeretz Engel, S.Kom., M.Cs..

Kegiatan Company Visit/Studi Ekskursi ini memberikan banyak pengalaman dan wawasan yang berharga dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menempuh karir sebagai seorang developer aplikasi. Pengalaman dan wawasan tersebut didapatkan melalui kunjungan di 4 perusahaan besar di Indonesia, yaitu Metrodata, BCA, Telkom Indonesia, dan Google Indonesia. Keempat perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi dalam membangun infrastruktur bisnis dan layanan kepada konsumen. Dari masing-masing kunjungan di empat perusahaan tersebut para peserta mendapatkan informasi mengenai teknologi terbaru yang mereka gunakan, budaya kerja, informasi rekrutmen, serta suasana tempat kerja dari perusahaan tersebut. Seluruh informasi tersebut sangat membantu mahasiswa untuk bisa membuat keputusan dalam mempersiapkan karir di masa depan. Selain itu  juga membekali mahasiswa untuk mengetahui apa saja kemampuan yang perlu dipersiapkan untuk bisa diterima kerja dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Menurut Hans Richard – mahasiswa Informatika UC sebagai salah satu peserta studi ekskursi ini, kegiatan Company Visit/Studi Ekskursi ini sangat penting untuk diikuti. Bagi Hans kegiatan ini mampu memberikan bekal bagi teman-teman mahasiswa Informatika untuk bisa melihat kondisi dan penggunaan teknologi di dunia industri secara nyata. Selain itu dengan melakukan kunjungan di perusahaan, secara otomatis mahasiswa dapat melihat gambaran situasi yang akan dialami selama berkarir dan mengetahui kemampuan apa yang perlu disiapkan. Satu hal berharga yang dapat diperoleh melalui Company Visit/Studi Ekskursi adalah Networking. Dengan adanya komunikasi melalui kunjungan di perusahaan yang ada dapat menambah koneksi mahasiswa dengan pihak perusahaan sehingga bisa lebih mudah dalam melakukan proses rekrutmen. 

Hans menambahkan selama melaksanakan Company Visit/Studi Ekskursi ada beberapa hal menarik yang dia temukan. Yang pertama adalah semua perusahaan yang dikunjungi sudah menerapkan sistem kantor Open Space untuk para karyawan yang mengambil peran sebagai developer atau yang mengembangkan teknologi di perusahaan. Baginya ini sangat menarik sebab penggunaan sistem kantor ini sangat membantu para karyawan untuk bisa mengurangi stress selama bekerja. Selain itu beberapa perusahaan yang dikunjungi juga memberikan fasilitas rekreasi dan pantry untuk tempat makan karyawan. Menurut mahasiswa semester 8 ini fasilitas tersebut berguna untuk mengurangi tingkat stress para karyawan dan membantu mereka untuk bisa menemukan ide-ide menarik sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. Hal menarik lainnya adalah budaya kerja yang diterapkan. Dari semua perusahaan yang dikunjungi, Google Indonesia memiliki budaya kerja yang paling menarik. Budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut mengajak para karyawannya untuk bisa memiliki toleransi yang tinggi serta saling menghargai antar karyawan. Selain itu Google memberi kesempatan pada para karyawannya untuk bisa bereksplorasi dan mengambil bagian pada beberapa projek di luar divisi mereka. 

Dari mengikuti kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan serta menyadarkan mahasiswa bahwa adalah hal yang penting untuk terus mengembangkan kemampuan hardskill dan softskill secara terus-menerus. Mahasiswa juga perlu untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Kemudian para peserta studi ekskursi juga menemukan bahwa perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi memberikan fasilitas yang menarik untuk bisa dinikmati para karyawan. Walaupun begitu, adanya fasilitas tersebut bukan untuk digunakan untuk bersantai-santai, namun digunakan sebagai sarana untuk bisa memberikan hasil kerja yang maksimal.

written by: Hans Richard Alim Natadjaja (IMT 2019)