Di awal tahun 2023, 50 orang mahasiswa Informatika semester 6 (angkatan 2020) melakukan studi ekskursi ke Jakarta. Rombongan mahasiswa didampingi 4 orang dosen program studi Informatika, yaitu Caecilia Citra, S.Kom., M.Kom., Evan Tanuwijaya, S.Kom., M.Kom., Richard Evan Sutanto, S.Kom, M.Sc, Ph.D. dan Theresia Ratih Dewi Saputri, S.Kom., M.Sc., Ph.D.. Rombongan berangkat pada tanggal 11 Januari 2023 melalui jalur darat yaitu menggunakan kereta api.

Tujuan dari studi ekskursi kali ini adalah untuk mengenalkan para mahasiswa pada beberapa perusahaan sekaligus mengetahui kesempatan magang, karena di semester 7 mendatang mereka wajib melakukan dan menyelesaikan magang.

Perusahaan pertama yang dikunjungi adalah Dwidasa Samudra Indonesia (DSI). Mungkin tidak terdengar familiar bagi orang awam, namun DSI adalah salah satu perusahaan perangkat lunak (software house) terbesar di Indonesia. Saat ini focus dari DSI adalah Financial Technology atau Fintech dengan menguasai infrastruktur maupun sistem perbankan bank-bank BUMN serta koperasi di Indoensia. DSI sangat senang dan terbuka untuk menerima mahasiswa Informatika UC magang di sana karena ternyata teknologi-teknologi yang digunakan di DSI banyak yang telah dipelajari dari dikuasai oleh mahasiswa.

Setelah dari DSI, para mahasiswa kemudian berkunjung ke Bank Central Asia (BCA) khusus di departemen IT. Departemen IT BCA belokasi di Wisma BCA Foresta. Di BCA para mahasiswa mendapatkan sharing knowledge tentang divisi-divis IT dan teknologi-teknlogi yang diguanakn oleh BCA. Sharing knowledge ini salah satunya dilakukan oleh alumni dari Informatika lho, si cantik Claudia Kennyta. Sebenarnya alumni Informatika UC yang bekerja di BCA tidak cuma kak Claudia, namun mereka tidak berkantor di Wisma Foresta. Sama seperti di DSI, BCA pun sangat terbuka menerima para mahasiswa untuk magang bahkan bekerja full-time di BCA karena ternyata banyak teknologi telah dikuasai oleh mahasiswa Informatika UC. Setelah sharing knowledge, para mahasiswa pun diajak office tour alias keliling kantor yang ternyata kereeeeen banget.

Perusahaan terakhir yang dikunjungi adalah Metrodata. Hampir sama dengan di BCA, pada acara di Metrodata para mahasiswa mendapatkan sharing knowledge dari divisi Full-Stack dan Artificial Intelligence. Setelah itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untukĀ  office tour. Kantor di Metrodata juga tidak kalah keren dan nyaman dengan di BCA lho. Tidak heran sih, Metrodata adalah sebuah grup yang menaungi memiliki anak-anak perusahaan yang cukup besar dan merajai Indoensia. Untuk urusan magang atau kesempatan kerja sendiri, salah satu anak perusahaannya yaitu Metrodata Academy bahkan telah bekerjasama dengan UC dengan menggelar program Metrodata Coding Camp.

written by: Caecilia Citra