Salah satu pemilik kontribusi terbesar dalam perkembangan perekonomian di Indonesia adalah Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaku usaha UMKM membantu membangkitkan kreativitas dalam memberikan solusi yang inovatif bagi segala permasalahan yang ada. Selain itu, UMKM juga membantu memberikan lapangan pekerjaan bagi sumber daya manusia di Indonesia. Pada sisi ekonomi, kontribusi UMKM dapat mencapai hingga 61 persen pada PDB nasional. Secara teknis, UMKM dalam menjalankan usahanya memerlukan media atau tempat yang tepat dan strategis untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai dengan permasalahan target pasar yang dituju. Hal tersebut membuat Student Union Informatics berinisiatif untuk menyediakan solusi bagi para pelaku usaha UMKM.

Solusi yang diberikan yaitu dengan menyediakan bazar bagi UMKM. Acara bazar yang diadakan oleh Student Union Informatics akan berjudul “Bazar RISE”. Acara tersebut juga diadakan untuk memasarkan acara tahunan Student Union Informatics, yaitu 10th National Programming & Logic Competition, yaitu kompetisi pemrograman dan logika berskala nasional untuk SMA/SMK di Indonesia. Dengan adanya acara bazar ini, diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dan meningkatkan produktivitas Student Union Informatics untuk memberikan kontribusi positif dalam berbagai aspek.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Desember 2022 di Plaza Universitas Ciputra Surabaya ini diikuti oleh 37 tenant dan berhasil mendapatkan kunjungan sekitar 1500 pengunjung selama 3 hari penyelenggaraannya. Acara ini dimeriahkan juga dengan panggung yang diisi dengan performance dari mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya yang bergabung di berbagai unit kegiatan mahasiswa serta dari talenta yang ada di program studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya. Ketua panitia Kenny Jinhiro Wibowo mengatakan bahwa kegiatan ini dianggap para tenant sebagai salah satu kegiatan positif dan bermanfaat sebagai wadah berkreasi.

Semoga berikutnya lebih banyak kegiatan positif yang diselenggarakan Student Union (HIMA) Program Studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya.

SEW 20231219