[student’s article]

Hayo siapa nih yang LinkedIn profile nya masih kosong? Ini adalah salah satu hal penting bagi kalian job hunter, karena fakta nya 90% dari HR/Recruiters menggunakan linkedin untuk menghire kandidat yang berpotensi.

Ini makanya kalian sebagai job hunter memerlukan optimasi Linkedin dengan baik agar kalian berbeda dari jutaan job hunter lain nya. Cara terbaik untuk memulai optimasi LinkedIn kalian adalah, dengan berpikir sebagai seorang recruiter. Bagaimana mereka akan mencari dan menghire seorang talent? Biasanya mereka akan melihat dari deskripsi dan juga konten linkedin dan mengotak – kotak an kandidat sesuai apa yang mereka cari.

Dengan melihat profile description, riwayat pengalaman, pendidikan dan juga konten, portofolio yang ada di profil kalian.

Jadi yuk simak 3 Tips optimasi LinkedIn ini agar profile kalian dilirik oleh HR!

1. Optimasi secara menyeluruh dibagian yang umum

Penelitian menunjukkan bahwa profil kalian akan berkesempatan 40x lipat dari yang lain kalau profil yang kalian punya lengkap dan dioptimalkan. Jadi minimalnya nih, kalian harus memiliki gambar profil yang proper, lokasi yang diperbarui dengan deskripsi, pengalaman pekerjaan, pendidikan, setidaknya tiga keterampilan minimal, dan memiliki setidaknya 50 koneksi. Setelah ini selesai maka kalian harus mengoptimalkan seluruh profil Anda dengan kata kunci yang relevan. Taburkan kata kunci yang relevan ini di seluruh profil Anda (Misalnya tagline yang mengcover seluruh pekerjaan kalian) untuk meningkatkan peringkat Anda di bagian depan halaman saat perekrut mencari profil Anda di sana. Untuk mempelajari kata kunci kalian juga bisa mempelajari SEO ( Search engine optimazion)

Contoh tagline yang menarik :

Sumber : www.cultivatedculture.com

Sumber : www.cultivatedculture.com

2. Perbaiki tampilan profile picture, banner profile

Seperti kalian melihat orang pertama kali, pasti tetap akan melihat penampilan kan? Nah, sama dengan linkedin adalah ‘penampilan’ pertama yang dilihat oleh recruiters.

Ini adalah kesan pertama yang akan Anda berikan, jadi gunakan foto profile picture dan desain profile banner yang menarik. Temukan seseorang untuk membantu Anda mengambil fotonya. Tujuannya di sini adalah untuk memiliki gambar yang terasa otentik, profesional, hangat, mengundang, ramah, dan tajam dengan percaya diri. Itu yang ingin harus disampaikan. Tidak harus foto distudio tapi kalian cukup memperhatikan lighting dan juga angle serta baju yang kalian gunakan.

Berikut contoh profile picture dan profile banner yang menarik:

Sumber : https://blog.waalaxy.com/

Optimasi LinkIn dengan foto profil menarik Sumber : https://blog.waalaxy.com/

Sumber : https://blog.waalaxy.com/

Sumber : https://blog.waalaxy.com/

3. Berkaryalah di linkedin kalian

Ini adalah bagian di mana kalian dapat memukau recruiters dengan content, pemikiran, tren utama, peluang, atau tantangan di bidang tempat kalian bekerja. Dengan melakukan personal branding maka kalian akan dianggap sebagai seorang yang paham dan expert didalam pekerjaan yang kaluab tekuni. Kalian dapat menulis tiga sampai lima artikel/konten dalam bentuk video/multi carousel dalam format PDF. Itu sudah awal yang bagus. Ini akan memberi orang gambaran tentang keterampilan komunikasi, keterampilan menulis, dan keterampilan berpikir kritis kalian, yang semuanya merupakan keterampilan penting dalam mengevaluasi apakah seseorang cocok untuk menjadi kandidat.

Pertimbangkan semua tips dan strategi diatas ini, dan kalian akan memiliki linkedin profile yang jauh lebih baik dan teroptimasi. Kalian juga perlu mengingat bahwa semua yang ada di profil kalian mulai dari ringkasan tentang hingga bagian fitur konsisten. Setiap bagian harus mendukung apa yang kalian coba klaim. Dengan cara ini, selain mengoptimasi profile mendatangkan recruiters, tetapi hal ini juga dapat membuat kalian menjadi KOL ( Key Opinion Leader) di dalam bidang kalian.

written by:
Bridget Beatrix Claire (Informatika UC 2022)