9th NPLC merupakan kompetisi logika dan pemrograman untuk siswa SMA yang diselenggarakan oleh Program Studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra. Pada NPLC yang  ke-sembilan ini, diselenggarakan secara special, karena bersinergi dan didukung oleh Ciputra School of Business Makassar (CSB Makassar). Dukungan diberikan dengan kegiatan promosi serta penyediaan hadiah untuk peserta yang berasal dari Indonesia bagian Timur. Terkait dengan hal tersebut Kompetisi NPLC dibagi area West (Barat) dan East (Timur). Hal ini membuat 9th NPLC menjadi sebuah kompetisi yang bergengsi dengan hadiah yang 2 kali lipat lebih besar dibandingkan NPLC sebelumnya, dimana akan disediakan hadiah yang sama untuk pemenang dari masing-masing region. Hadiah berupa uang tunai, piala, dan beasiswa yang nilainya ratusan juta rupiah.

Kompetisi yang dapat diikuti oleh siswa SMA dari seluruh Indonesia ini diselenggarakan pada tanggal 22, 23, 29, dan 30 Januari 2022. Pada tanggal  22 Januari 2022 yang lalu telah diselenggarakan trial atau uji coba untuk babak penyisihan. Babak penyisihan sendiri telah diselenggarakan di hari berikutnya yaitu pada tanggal 23. Hari ini tepatnya pada tanggal 29 Januari berlangsung sesi uji coba untuk tahapan final, dimana babak final akan diselenggarakan pada tanggal 30 Januari 2022.

Panitia 9th NPLC bekerja keras melaksanakan 9th NPLC dengan menerapkan protokol kesehatan ketat

Panitia 9th NPLC bekerja keras melaksanakan 9th NPLC dengan menerapkan protokol kesehatan ketat

Kategori 9th NPLC

Kompetisi NPLC diselenggarakan sebanyak dua kategori. Kategori 1 ditujukan untuk melombakan kemampuan programming dari para peserta, sedangkan Kategori 2 melombakan kemampuan logika dari para pesertanya. Keunikan NPLC adalah meski diselenggarakan secara team (kelompok), namun setiap anggota team memiliki peran penting terhadap kemenangan tim tersebut.

Kompetisi NPLC merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mengasah, memberikan pengalaman, dan mengukur kemampuan peserta dalam bidang logika dan pemrograman. Kategori 1 menantang peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam memecahkan sebuah permasalahan dan memberikan solusi yang terbaik. Diharapkan melalui Kategori 1, kompetisi ini dapat (1) melatih dan mendorong para peserta untuk menemukan algoritma-algoritma dan/atau solusi-solusi untuk masalah-masalah yang rumit; (2) memperkenalkan computational thinking dalam kehidupan sehari-hari para peserta; dan (3) membangun pengalaman bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan masalah bersama. Melalui Kategori 1, selain melalui gagasan, peserta harus dapat diselesaikan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk kode program (programming).

NPLC Kategori 2 menyajikan perbedaan yang drastis dan unik dalam perlombaannya. Pada babak penyisihan, peserta diberikan pertanyaan seputar logika, sedangkan babak final  dikemas dalam bentuk logic games dalam situs web yang memiliki alur cerita berupa point-and-click. Setiap cerita memiliki pelajaran tersendiri, dimana pada babak final pesertanya diharapkan akan mendapatkan pelajaran moral  dimana tidak pernah terlambat untuk menjadi lebih baik, yang merupakan visi pertama dari NPLC Kategori 2. Selain itu visi kedua adalah mengasah kemampuan teknis peserta dengan melatih logika berpikir mereka. Peserta akan dapat bersenang-senang dalam lomba yang diadakan ditambah dengan melatih kerjasama antar anggota team.

9th NPLC berlangsung secara daring

9th NPLC berlangsung secara daring

Peserta 9th NPLC

Kompetisi bergengsi 9th NPLC diikuti oleh sebanyak 107 team yang terdiri anggota sebanyak 3 orang. Sebanyak 29 team terdaftar di Kategori 1 dan sebanyak 78 tim terdaftar di Kategori 2. Pesertanya yang berasal dari pelbagai daerah di Indonesia yaitu dari Makassar, Malang, Gresik, Trenggalek, Sidoarjo, Bekasi, Purwokerto, Surabaya, Badung, Jember, Pasuruan, Jakarta, Tangerang, Sukabumi, Bogor, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Mojokerto, Cimahi, Depok, Bondowoso, Pangkajene dan Kepulauan, Pamekasan, Yogyakarta, Sleman, Klaten, Pontianak, Wonogiri, Banyuwangi, Kebumen, Magelang, Blitar, Jombang, Pangkalpinang, Kulon Progo, Banjarmasin, Buleleng, Bangli, Bandung, Palembang, Mandailing Natal, Jayapura, Lamongan, Palu, Tolitoli, Binjai, Palopo, Semarang, Tuban, Sumenep, Sorong, Gorontalo, dan Tana Toraja.

Babak penyisihan yang menentukan team yang lolos ke tahap final telah dilaksanakan pada 25 Januari 2022 melewati surel dan posting Instagram. Berdasarkan data yang ada, sebanyak 21 tim berhasil lolos ke babak final Kategori 1 dan sebanyak 65 team berhasil lolos ke babak final Kategori 2.