Apa itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau dikenal dengan singkatan MBKM?

Salah satu gebrakan pendidikan tinggi di tahun 2020 dan banyak dilaksanakan pada tahun 2021 adalah kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Salah satu program yang ditawarkan adalah Kampus Merdeka yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan, dimana program ini merupakan program yang mempersiapkan mahasiswa Indonesia untuk meraih karier yang komprehensif agara tercipta generasi terbaik Indonesia.

MBKM menawarkan berbagai keuntungan dan kebebasan lebih bagi mahasiswa. Melalui MBKM, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan praktik di lapangan yang dapat dikonversi menjadi SKS, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melalukan eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan dengan durasi satu semester atau lebih, memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal, serta dapat menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka.

Saat ini berbagai program telah ditawarkan melalui program MBKM ini, antara lain program Bangkit by Google, Goto, dan Traveloka; Kampus Mengajar, Magang, Studi Independent, Indonesian International Student Mobility Awards, Membangun Desa (KKN Tematik), dan masih banyak lagi.

Mahasiswa dapat melihat dan mendaftar pada program tersebut dengan menggunakan aplikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Informasi lebih jauh tentang MBKM dapat diakses pada laman: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Program Studi Informatika mendukung pelaksanaan MBKM dan para mahasiswa telah turut serta pada berbagai berbagai program yang ditawarkan.

Pada saat ini beberapa mahasiswa Informatika UC mendapatkan kesempatan untuk study abroad selama 1 semester di Italy – University of Pisa dan Korea – Korea University dengan biaya yang sepenuhnya ditanggung Kemdikbud, mengikuti Magang Bersertifikat (MSIB) di Singapore dan beberapa perusahaan Indonesia lainnya, mengikuti Apple Developer Academy, program KMMI bersama Metrodata Academy, dan masih banyak lainnya.

Tertarik untuk bergabung di Informatika (IMT) UC dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)? Buruan daftar di Informatika UC. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://www.uc.ac.id/pendaftaran-mahasiswa-baru-2022/