SPADA Indonesia itu apa ya? Bagaimana memanfaatkannya untuk belajar? Artikel ini akan memberikan gambaran mengenai apa itu SPADA dan bagaimana mendaftar dan mengisi ANGKET yang akan berguna agar kualitas SPADA makin meningkat.

SPADA Indonesia

SPADA Indonesia merupakan inisiatif yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Fasilitas ini dikembangkan dengan bertujuan untuk agar mahasiswa di seluruh daerah Indonesia mendapatkan akses yang sama terhadap materi belajar yang bermutu yang disediakan oleh berbagai Perguruan Tinggi. SPADA sendiri merupakan kependekan dari Sistem Pembelajaran Daring Indonesia, dimana melalui sistem pembelajaran daring ini, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah bermutu yang disediakan oleh perguruan tinggi lain, dimana hasil belajarnya akan dapat pada perguruan tinggi dimana mahasiswa tersebut terdaftar.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta akses yang dimiliki masyarakat, saat ini dimungkinkan terselenggaranya pendidikan tinggi berjejaring (networked higher education) dan pembelajaran secara daring (online learning).

SPADA merupakan jawaban atas berbagai permasalahan yang ada dengan memanfaatkan ketersediaan dan aksesibilitas teknologi pendukungnya. SPADA hadir sebagai terobosan (breakthrough) yang dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah tenaga yang trampil dan berpendidikan tinggi.

Secara umum, implementasi SPADA Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Perguruan tinggi (PT) menawarkan mata kuliah terbaik yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi lain. PT yang menawarkan mata kuliah tersebut disebut dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara, sedangkan perguruan tinggi dari mahasiswa yang  mengikuti kelas SPADA disebut dengan Perguruan Tinggi Pengguna.
  2. Dalam menyelenggarakan dan melaksanakan mata kuliah melalui SPADA, Perguruan Tinggi Penyelenggara bermitra dengan beberapa Perguruan Tinggi Pengguna.
  3. Mata kuliah yang ditawarkan PT Penyelenggara akan diseleksi terlebih dahuku untuk memastikan bahwa kualitasnya sesuai dengan standar yang ada. Evaluasi dilakukan oleh tim penjamin mutu (quality assurance team) yang telah ditunjuk oleh Direktorat Pembelajaran.
  4. Mata kuliah yang dianggap berkualitas dan lolos uji kelayakan yang dilaksanakan tim penjamin mutu dapat langsung ditawarkan kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi Pengguna untuk kemudian dilaksanakan.
  5. Proses pembelajaran dari mata kuliah daring yang ditawarkan, dapat dilaksanakan dengan menggunakan learning management system (LMS) SPADA atau melalui LMS Perguruan Tinggi Penyelenggara.
  6. Proses pembelajaran kemudian didata, dipantau dan dievaluasi melalui sistem aggregator yang dimiliki SPADA. Apabila dilaksanakan dengan menggunakan LMS yang dimiliki perguruan tinggi Pengguna, maka Perguruan Tinggi Pengguna harus menyediakan webservice yang terhubung ke aggregator SPADA Indonesia.
  7. Data SPADA Indonesia terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga kedua belah pihak, baik untuk Perguruan Tinggi Penyelenggara maupun Perguruan Tinggi Pengguna harus sudah terdaftar di sistem PDDikti.

Mendaftar dan mengisi Angket

Nah demikian sekilas informasi tentang SPADA Indonesia. Bagaimana cara mendaftarnya? ikuti langkah berikut yang dapat dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa dari perguruan tinggi yang terdaftar di PDDIKTI.

  1. Langkah pertama adalah mengakses laman SPADA Indonesia, yang dapat diakses melalui alamat: https://spada.kemdikbud.go.id

    Laman SPADA Indonesia

    Laman SPADA Indonesia

  2. Langkah kedua adalah mendaftar dengan menggunakan menu “Register”

    Tutorial SPADA Indonesia - Register

    Tutorial SPADA Indonesia – Register

  3. Setelah menu register di klik, akan muncul formulir pendaftaran yang harus diisi. Silahkan mengisi data dengan benar dan lengkap, dengan catatan bahwa data harus sesuai dengan yang tercatat di sistem PDDIKTI.

    Catatan: Apabila NIM dan Nama Lengkap tidak sesuai dengan yang tercatat di PDDIKTI, maka pendaftaran akan gagal

    Registrasi SPADA Indonesia

    Registrasi SPADA

  4. Setelah mengisi semua isian di formulir, silahkan klik Register, maka apabila proses registrasi berhasil, akan terkirim email ke alamat yang dituliskan.

    Contoh Tampilan Email konfirmasi pendaftaran

    Contoh Tampilan Email konfirmasi pendaftaran

  5. Apabila setelah menunggu beberapa lama email tersebut tidak Anda peroleh, maka dapat memilih menu Konfirmasi Ulang, memasukkan email di form yang muncul, dan menekan tombol “Resend Email”.
  6. Apabila telah merima email, maka pengguna dapat login ke Sistem SPADA dengan klik link “klik di sini” yang terdapat di email (Lihat langkah 4 di atas). Silahkan memasukkan password yang dibutuhkan apabila diinginkan. Penulis memilih untuk menggunakan Sign in dengan Google, sehingga tidak perlu mengingat password baru lagi.
  7. Mahasiswa dan dosen yang sudah terdaftar di sistem diharapkan dapat mengisi ANGKET yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dari SPADA. Caranya dengan klik pada menu Home. Kemudian Klik pada menu DASHBOARD SPADA INDONESIA.

    SPADA Indonesia Home

    SPADA Indonesia Home

  8. Pada halaman yang muncul, akan terdapat salah satu menu yang bernama “ANGKET SPADA INDONESIA”. Silahkan klik gambar atau judulnya untuk masuk dan mengisi angket dimaksud.

    Angket SPADA Indonesia

    Angket SPADA Indonesia

  9. Pada layar akan muncul pertanyaan yang harus dijawab. Silahkan menjawab berbagai pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi yang di perguruan tinggi dimana mahasiswa berkuliah atau dimana dosen bekerja.

    Catatan: LMS merupakan singkatan dari Learning Management system, Universitas Ciputra memiliki LMS yang biisa diakses melalui alamat https://elearn.uc.ac.id

  10. Setelah mengisi semua pertanyaan, klik tombol

    Mengisi Angket SPADA Indonesia

    Mengisi Angket SPADA Indonesia

  11. Akan muncul bahwa angket telah tersimpan, dan Anda sudah terdaftar dalam SPADA serta telah berpartisipasi mengisi Angket

 

Setelah terdaftar dalam SPADA, maka pengguna akan dapat melihat berbagai kelas yang tersedia dan mendaftar.

Enjoy!

 

written by: 20210716 SEW