SURYA.co.id | SURABAYA – Pandemi virus Corona atau COVID-19 telah membuat ekonomi seluruh dunia tidak stabil.

Hal tersebut mendorong  mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Ciputra Surabaya Nicky Santano dan Ray Tjandrakesuma menciptakan aplikasi eCurrency untuk mempermudah mengecek sekaligus menghitung kurs terkini.

Nicky Santono menjelaskan Aplikasi eCurrency didesain secara simple agar para user dapat menggunakannya dengan mudah.

“Dalam aplikasi eCurrency memiliki design yang tidak terlalu rumit, designya simple membuat para user (baik user yang sering menggunakan smartphone, ataupun jarang) tidak mengalami kesusahan saat menggunakan aplikasi ini,” kata Nicky kepada SURYA.co.id, Kamis (4/6/2020).

Didalam aplikasi eCurrency selain terdapat fitur untuk mengecek kurs dari 15 negara, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kalkulator kurs yang dapat menghitung beberapa kurs, serta terdapat beberapa cuplikan berita yang berhubungan dengan dunia bisnis.

“Konsep fitur ini agar para pengguna app yang tengah bekerja di dunia bisnis juga dapat melihat berita bisnis apa yang terbaru,” ujar mahasiswa asal Surabaya tersebut.

Diakuinya, terdapat kendala saat proses pengerjaan dikarenakan faktor komunikasi.

“Beberapa kesalahan terjadi ketika dalam pengerjaan, karena ini dikerjakan pada saat pandemi, jadi proses komunikasi dengan rekan tim selama pembuatan yang terpaksa melalui online membuat kita sering Miss komunikasi,” ungkapnya.

Meski begitu, mereka berdua akhirnya berhasil menuntaskan permasalahan tersebut dan berhasil menyelesaikan aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh para trader, pengusaha, dan masyarakat.

“Kami berharap dapat melanjutkan untuk mengimprove aplikasi ini kedepan, semoga aplikasi kami dapat membawa kemudahan pada masyakarat saat mereka gunakan nanti,” pungkasnya.

Untuk saat ini aplikasi eCurrency diperuntukan untuk handphone android, dan masih belum dapat di download melalui playstore. Namun kedepan rencananya aplikasi tersebut akan dirilis di playstore.

Menggapi Inovasi aplikasi eCurrency tersebut, Dharmawan Adhi Surya seorang Trader asal Gresik Jawa Timur mengapresiasi atas aplikasi yang akan dapat membantu para trader untuk memahami kondisi pasar dunia.

“Bagi saya aplikasi itu akan sangat membantu kami para trader, sehingga kami tau waktu yang tepat untuk witdraw harga per satu dollar nya berapa, ide bagus ini, agar masyarakat awam paham soal trading,” ujarnya.

Adi berharap agar aplikasi tersebut dapat segera rilis di playstore maupun AppStore agar masyarakat dapat mendownload dan menggunakan secara gratis,” tutup Adi.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul eCurrency, Aplikasi untuk Cek dan Hitung Kurs di Masa Pandemi Karya Mahasiswa UC Surabaya, https://surabaya.tribunnews.com/2020/06/04/ecurrency-aplikasi-untuk-cek-dan-hitung-kurs-di-masa-pandemi-karya-mahasiswa-uc-surabaya.
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin

eCurrency, Aplikasi untuk Cek dan Hitung Kurs di Masa Pandemi Karya Nicky Santano

eCurrency, Aplikasi untuk Cek dan Hitung Kurs di Masa Pandemi Karya Nicky Santano