Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan? Itu adalah satu aplikasi yang dikembangkan oleh mahasiswa semester 2 pada program studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra (UC) Surabaya.

Programming Technique

Pada semester 2, mahasiswa program studi Informatika Universitas Ciputra telah mempelajari teknik Object Oriented Programming atau Pemrograman Berorientasi Objek dan Visual Programming atau pemrograman visual dengan menggunakan Android Studio. Melalui mata kuliah Programming Technique yang diasuh oleh Mychael Maoeretz Engel ini, mahasiswa juga diminta untuk memikirkan sebuah solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat untuk kemudian dikembangkan solusinya sebagai project yang mengimplementasikan berbagai pengetahuan dan keahlian di mata kuliah ini.

Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan – Salah Satu Karya MK Programming Technique

Hasilnya cukup mengagumkan, berbagai jenis aplikasi mereka hasilkan, mulai dari aplikasi untuk manajemen keuangan, aplikasi untuk mencatat pesanan tukang sayur, maupun aplikasi permainan yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu di masa pandemi ini. Menurut Pak Mychael, mahasiswa diberi kebebasan untuk berkreasi, dan harus menelurkan solusi inovatif dan kreatif, dengan berbekal dari teknik pemrograman yang mereka pelajari di kelas. Setelah di semester satu mahasiswa mempelajari dasar pemrograman dengan Java, maka di semester dua ini mereka tinggal mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan mereka melalui mata kuliah yang diasuhnya ini.

Salah satu kelompok yang beranggotakan Tinara Nathania Wiryonoputro dan Michelle Alexandra Dinata membuat aplikasi untuk mengatur keuangan yang nampaknya menarik perhatian tersendiri sehingga diliput dan dimuat di 2 media massa terkenal di Surabaya dan Indonesia, yaitu: Jawapos dan Surya (Tribunnews). Di Harian Jawapos, judul artikel yang memuat karya mereka adalah artikel dengan judul Bikin Aplikasi di Tengah Pandemi yang dapat diakses pada https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20200515/282192243172518. Artikel lain yang mengupas karya mereka dimuat pada Harian Surya dengan judul Mahasiswi UC Surabaya Buat Aplikasi Pencatat Keuangan, Pengguna Dapat Membatasi Pengeluaran Harian yang dapat diakses pada https://surabaya.tribunnews.com/amp/2020/05/15/mahasiswi-uc-surabaya-buat-aplikasi-pencatatkeuangan-pengguna-dapat-membatasi-pengeluaran-harian

Tinara dan Michelle - mahasiswi semester 2 prodi Informatika UC yang membuat Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan

Tinara dan Michelle – mahasiswi semester 2 prodi Informatika UC yang membuat Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan

Baca Juga: Mahasiswa Semester 2 Bisa Membuat Aplikasi Mobile? https://informatika.uc.ac.id/2020/05/mahasiswa-semester-2-bisa-buat-aplikasi-mobile/

written by: 20200516 SEW

Harian Surya - Aplikasi Untuk Mengatur KeuanganHarian Jawapos - Aplikasi Untuk Mengatur Keuangan