Laravel Pagination merupakan salah satu fitur dari situs web yang sangat berguna untuk menampilkan data yang jumlahnya sangat banyak. Dengan menggunakan Pagination maka pengguna halaman web akan mendapatkan data dengan lebih cepat karena ditampilkan per bagian, dan dapat lebih fokus dalam membaca data yang ditampilkan.

Apa itu Laravel Pagination?

Pagination merupakan adalah sebuah fitur web yang digunakan untuk membatasi tampilan data agar tidak terlalu panjang dan  lebih rapi. Penggunaan pagination banyak dipergunakan digunakan untuk menampilkan data dalam jumlah banyak, sehingga dapat dipisah / dipilih berapa data yang akan ditampilkan terlebih dahulu sesuai dengan urutan akan kriteria pencarian tertentu.

Contoh Pagination

Contoh Pagination

Pembuatan pagination seringkali merepotkan pengembangan web, terutama yang membangun situs webnya tanpa menggunakan framework web development. Banyak sekali proses manual yang harus dilakukan, serta melibatkan penggunaan HTML, CSS, PHP, dan JavaScript.

Framework Laravel telah menyediakan fitur yang memungkinkan pengembang situs web yang menggunakan framework ini dapat dengan mudah membuat pagination dalam menampilkan data di situs webnya.

Bagaimana membuat Pagination di Laravel?

Laravel memberikan berbagai opsi untuk membuat pagination. Tampilan dapat dipercantik kemudian dengan menggunakan library CSS misalnya dengan menggunakan Bootstrap.

Basic Laravel Pagination

  • Membuat pagination pada Laravel dilakukan dengan 2 hal, pada saat mengambil data dan pada view.
  • Mengambil dengan pagination sebanyak 5 per halaman dengan method ->paginate(n):
Copy to Clipboard

Simple Pagination

Untuk pagination yang sederhana dimana hanya dibutuhkan tombol Previous dan Next, dapat dipergunakan perintah berikut:

Copy to Clipboard

Penggunaan Query Builder

Berikut adalah penggunaan pagination dengan menggunakan Query Builder:

Copy to Clipboard

Simple Pagination dengan Query Builder:

Copy to Clipboard

Menampilkan Pagination

  • Menampilkan pada view dengan ->links():{{$posts->links()}}Contoh program:
Copy to Clipboard
Tampilan Blog Posts dengan Pagination yang dihasilkan

Tampilan Blog Posts dengan Pagination yang dihasilkan

Membuat URI Pagination Custom

  • Link untuk URI Pagination dapat dibuat sesuai dengan keinginan dengan memanfaatkan method withPath. Misalnya diinginkan sebuah paginator yang menghasilkanlink seperti http://example.com/custom/url?page=N, maka dapat dibuat dengan potongan program sebagai berikut:
Copy to Clipboard

Menambahkan Parameter pada link di Pagination

  • Parameter pada query string dapat diberikan tambahan yang terkait dengan pagination dengan menggunakan method appends. Salah satu contoh penggunaannya adalah untuk menambahkan pilihan sort atau pengurutan data. Berikut adalah contoh penggunaan dimana dibutuhkan penambahan sort=votes
Copy to Clipboard
  • Penambahan potongan kata atau fragment dapat dilakukan dengan menggunakan method fragment. Berikut adalah contoh potongan program untuk penambahan #foo pada tiap akhir link untuk pagination yang dihasilkan:
Copy to Clipboard

Adjusting The Pagination Link Window

  • Laravel juga menyediakan fitur yang memungkinkan programmer untuk mengatur tampilan link pagination dengan memanfaatkan method onEachSide. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan, misalnya saat ini yang ditampilkan adalah berada di halaman 7:
Copy to Clipboard

Written by: SEW 20191102