Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018 - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018

/, IMT, Kegiatan/Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018

Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018

Pada bulan Februari 2018 lalu, Google telah melaksanakan seleksi mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Seleksi ini bertujuan untuk menentukan mahasiswa yang berhak mewakili kampusnya sebagai Google Developer Student Club Lead. Hans Christian Yulianto, mahasiswa Teknik Informatika (IMT) 2015 Universitas Ciputra terpilih mewakili Universitas Ciputra. Artikel ini memuat kisah Hans dalam mengikuti aktivitas pertamanya sebagai DSC Lead dalam mengikuti Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018 yang telah berlangsung pada tanggal 2-5 Maret 2018 di Bali.

Welcome Dinner Google DSC Indonesia Summit 2018

Welcome Dinner Google DSC Indonesia Summit 2018

Pengalaman Mahasiswa Teknik Informatika UC  dalam mengikuti Google Developer Student Club Indonesia Summit 2018

Hai semua, perkenalkan saya Hans Christian Yulianto dari jurusan Information and Multimedia Technology (IMT) 2015 Universitas Ciputra. Pada akhir bulan lalu, saya terpilih menjadi seorang Developer Student Clubs (DSC) Lead yang diprakarsai oleh Google Developers. Saya pun diundang untuk menghadiri DSC Indonesia Summit 2018 pada tanggal 2-5 Maret 2018 yang lalu di Bali. Sungguh sebuah pengalaman yang mengagumkan, dan maka dari itulah saya ingin membagikan pengalaman ini.

Sebagai pengantar, Developer Student Clubs (DSC) adalah sebuah klub yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan koding kepada mahasiswa supaya selain mengasah kemampuan koding, mereka juga dapat menggunakan teknologi ini untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada di sekitar mereka, terkhusus masalah-masalah yang dihadapi oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menegah) dimana penggunaan teknologi masih dirasa kurang dioptimalkan. DSC merupakan sesuatu yang baru di Indonesia, mengingat ini adalah angkatan pertama DSC Lead dipilih di Indonesia, dan merupakan negara kedua yang mengadakannya setelah India. Dulu memang sudah pernah ada hal serupa, namun sistemnya sedikit berbeda dan dikenal dengan Google Student Ambassador. DSC ini sendiri dipimpin oleh Erica Hanson, Developer Relations Program Manager di Google South East Asia.

Erica Hanson dari Google Asia Pacific

Erica Hanson dari Google Asia Pacific

Rangkaian acara summit ini dimulai pada tanggal 2 Maret 2018, dimana saya dan 59 Lead lainnya dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia berangkat ke Bali serentak. Oh ya, sebagai catatan, dari setiap universitas yang terdaftar hanya dipilih 1 orang untuk menjadi Lead dan mewakili kampusnya untuk hadir di acara summit ini. Setibanya di bandara I Gusti Ngurah Rai, kami pun menunggu teman-teman kami dari berbagai kota lainnya sebelum kami berangkat ke Hotel tempat kami menginap (Courtyard by Marriott Seminyak Resort, Bali).

Sesampainya di hotel, kamipun bergegas untuk bersiap-siap pergi ke Potato Head Beach Club, menghadiri welcome dinner. Disana, kamipun berfoto-foto dan memulai sesi networking. Cukup menyenangkan untuk berkenalan dengan banyak Lead dari seluruh Indonesia dan juga beberapa Googlers yang telah hadir dari berbagai penjuru dunia. Ya, summit ini menghadirkan pembicara Googlers lokal maupun internasional mulai dari Singapore sampai ke Amerika. Itulah kegiatan hari pertama kami di Bali.

Berfoto bersama beberapa pembicara yang hadir di Google DSC Indonesia Summit 2018

Berfoto bersama beberapa pembicara yang hadir di Google DSC Indonesia Summit 2018

Hari kedua, tanggal 3 Maret 2018 adalah hari dimana secara resmi kami mengikuti DSC Summit ini. Hari itu kami berkumpul di meeting hall Courtyard Hotel untuk mendengar berbagai talks dari Googlers. Berikut adalah agenda hari itu :

  • Keynote
  • DSC: Program Overview
  • DSC: Structure and Processes
  • DSC: Connecting to local businesses
  • How to build a community
  • Open Source / GSoC
  • Web
  • The Power of Stories
  • Design Thinking Workshop
  • Jobs@Google
  • Careers in Tech with a focus on mobile/web
Sesi Diskusi Kelompok dalam rangkaian acara Google DSC Indonesia Summit 2018

Sesi Diskusi Kelompok dalam rangkaian acara Google DSC Indonesia Summit 2018

Dari berbagai agenda hari itu, saya belajar banyak mengenai DSC, tujuan, dan tugas kita sebagai Lead. Saya juga mempelajari beberapa insights mengenai komunitas, open source, web, dan karir di Google. Selain itu, Design Thinking Workshop yang saya ikuti hari itu membantu saya untuk brainstorming idea mengenai banyak hal, terkhusus mengenai apa yang dapat saya lakukan dan rencana kegiatan selama saya menjabat menjadi DSC Lead.

Berfoto bersama seluruh peserta Google DSC Indonesia Summit 2018

Berfoto bersama seluruh peserta Google DSC Indonesia Summit 2018

Hari kedua pun diakhiri dengan dinner di KU DE TA Restaurant. Sekali lagi, kami mendapatkan kesempatan untuk networking dengan lebih banyak DSC Lead dan juga Googlers dari seluruh penjuru dunia yang datang kesana, karena di hari sebelumnya ada sebagian yang belum hadir. Selain itu kami juga berkesempatan untuk networking dengan beberapa orang dari Gojek, DyCode, DGD Bali, dan CFI. Sungguh suatu kesempatan yang sangat langka, ditambah dengan suasana yang sangat indah karena lokasi dinner kami berada di pinggiran pantai Seminyak.

Berfoto bersama di pantai dengan menggunakan baju daerah di Google DSC Indonesia Summit 2018

Berfoto bersama di pantai dengan menggunakan baju daerah di Google DSC Indonesia Summit 2018

Hari ketiga kami pun berkumpul kembali di meeting hall yang sama untuk mengikuti talks yang berbeda lagi. Kali ini, kami lebih mengarah ke leadership dan mengeset target kami. Berikut adalah detail dari agenda hari itu :

  • Community programs at Google
  • Android
  • Cloud Computing
  • Persuasive Leadership
  • Goals Working session
  • Machine Learning

Hari itu, saya belajar banyak mengenai perkembangan Android dan langkah apa yang harus saya ambil jika ingin mengoptimasi aplikasi Android, cloud computing dan serba-serbinya, dan pemahaman singkat mengenai Machine Learning dan perkembangannya. Workshop di hari itu adalah mengenai bagaimana menjadi Leader yang persuasif, yang bisa mengajak orang untuk bergabung ke dalam sebuah oganisasi/komunitas dan menjaganya untuk tetap ikut aktif dalam organisasi/komunitas tersebut.

Hari itu diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh DSC Lead Indonesia dan Googlers yang hadir di tempat itu, dan secara resmi berakhirlah rangkaian kegiatan DSC Summit Indonesia 2018. Kami pun memiliki waktu untuk bebas berkeliling maupun membeli oleh-oleh di Bali.

Berfoto bersama di akhir acara Google DSC Indonesia Summit 2018

Berfoto bersama di akhir acara Google DSC Indonesia Summit 2018

Hari keempat, kami melanjutkan sesi networking kami sendiri-sendiri. Hari itu sudah tidak ada lagi acara dari Google dan kami hanya berbincang satu sama lain sembari bertukar ilmu sambil menunggu jadwal keberangkatan kami ke bandara. Pada siang-sore hari kamipun kembali ke kota kami masing-masing untuk kembali mengikuti kuliah seperti biasa pada keesokan harinya.

Sungguh sebuah pengalaman yang sangat mengagumkan dan membanggakan untuk bisa berada di Bali mengikuti DSC Summit 2018 mewakili Universitas Ciputra. Banyak hal yang telah saya pelajari dan banyak orang hebat yang telah saya temui selama berada disana, dan semoga kedepannya akan lebih banyak lagi DSC Lead dari berbagai penjuru nusantara untuk mengembangkan Indonesia supaya lebih dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

By |2018-03-12T15:24:45+00:00March 12th, 2018|Berita, IMT, Kegiatan|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply