90K Code 2017 – 90.000 Seconds Hackathon

/, IMT, Kegiatan, Kerjasama, MIS, Technopreneurship/90K Code 2017 – 90.000 Seconds Hackathon

90K Code 2017 – 90.000 Seconds Hackathon

Ingin mengetahui keseruan 90K Code? Simak liputannya!

90K Code 2017 – 90.000 Seconds Hackathon

90K Code merupakan sebuah acara hackathon dengan durasi 90.000 detik yang digagas program studi Informatika (IMT) dan Sistem Informasi (ISB) Universitas Ciputra. Acara ini didukung oleh CPSSoft – pengembang Accurate Accounting,  software accounting nomer 1 di Indonesia – sebagai sponsor utama. Selain itu, acara ini juga didukung oleh Daily Social Indonesia sebagai media partner.

90K Code 2017 Organizer, Sponsor, and Media Partner

90K Code 2017 Organizer, Sponsor, and Media Partner

Pada acara dengan hadiah uang tunai yang terbesar untuk sebuah hackathon senilai total Rp. 38 juta ini, para peserta berkumpul dan mengembangkan ide mereka menjadi sebuah aplikasi dalam kurun waktu 90 ribu detik atau 25 jam. Acara yang berlangsung di kampus Universitas Ciputra pada tanggal 8-9 September 2017 ini diikuti oleh 18 team yang terdiri dari peserta kategori umum dan mahasiswa. Tidak kurang dari 65 orang peserta yang tergabung dalam team tersebut yang hadir pada sesi final ini.

Sesi Pembukaan Acara 90K Code yang berlangsung di Student Lounge Universitas Ciputra

Sesi Pembukaan Acara 90K Code yang berlangsung di Student Lounge Universitas Ciputra

Selama durasi waktu yang ditetapkan tersebut, peserta diminta untuk mengembangan sebuah layanan teknologi informasi berupa sebuah aplikasi atau situs web yang mempunyai nilai bisnis. Adapun topik dari pengembangan aplikasi adalah Document Security Service, Communication Support Service, Markerplace Support Service, Fintech Support Service.

Suasana hackathon di hari kedua

Suasana hackathon di hari kedua, waktu tersisa 29.750 detik

Mentors 90K Code 2017

Event ini digagas untuk memberikan wadah dan mengairahkan startup digital karya anak bangsa. Meski hadiah besar yang disediakan panitia merupakan salah satu daya tarik utama, namun sebenarnya manfaat yang diperoleh oleh peserta dalam mengikuti acara ini adalah jauh lebih menarik. Sepanjang waktu 25 jam tersebut, peserta tidak dibiarkan bekerja sendiri, mereka dibimbing oleh lebih dari 10 mentor yang berpengalaman, baik dari segi bisnis maupun dari segi teknis. Selain itu, mereka juga dapat berkenalan satu sama lain dan mendapat kesempatan untuk mengembangkan network.

Denny Bernadus   Aruwan Soenardi   Zaenal Arifin   Yoseph Stephen   Eric Harianto   Kelvin Allendro   Alfon Wicaksi   Thomas Stefanus Kaihatu   Alexander Wahyudi   Liliana Dewi   David Boy Tonara   Stevanus Djojokusumo   Gamaliel Waney

Pelaksanaan Hackathon selama 90.000 detik di 90K Code 2017

David Boy Tonara, M.Kom. Ketua Panitia 90KCode mengatakan, bahwa saat ini pengembangan startup di Jawa Timur khususnya Surabaya jauh tertinggal dari Jawa Barat khususnya ibukota Jakarta. Hal ini cukup memprihatinkan, mengingat bahwa kemampuan teknis para pengembang aplikasi di Surabaya maupun Jawa Timur cukup luar biasa dan tidak kalah dari daerah lain. Diharapkan acara semacam 90K Code ini akan dapat mendorong tumbuhnya berbagai stratup terutama dari kota Surabaya dan sekitarnya.

Peserta, mentor, maupun panitia menyempatkan diri berpose di sela hackathon selama 25 jam ini. Termasuk di antaranya sesi Bubur dan Pizza Party!

Peserta, mentor, maupun panitia menyempatkan diri berpose di sela hackathon selama 25 jam ini. Termasuk di antaranya sesi Bubur dan Pizza Party!

“Saya percaya bahwa anak anak muda di Jawa Timur dan Jawa Tengah tidak kalah luar biasa dibandingkan anak anak muda di Jawa Barat dan Ibu kota. Secara skill kita bisa, hanya belum banyak wadahnya. Semoga dengan adanya acara ini semakin menggairahkan inovasi dan bisnis teknologi di area jawa tengah dan jawa timur sehingga ke depan semakin banyak inovasi inovasi anak muda kita yang bisa kita nikmati bersama manfaatnya”, papar David Boy Tonara, M.Kom. Ketua Panitia 90KCode.

Proses Mentoring yang berlangsung selama Hackathon di 90K Code yang berlansung 90.000 detik

Proses Mentoring yang berlangsung selama Hackathon di 90K Code yang berlansung 90.000 detik

“Peserta dituntut bukan hanya pandai ber-coding, namun juga peka terhadap permasalahan yang ada disekitar, sehingga secara kretif inovatif mereka dapat menghasilkan karya. Satu hal lagi yang juga harus dicermati oleh peserta untuk bisa tampil jadi pemenang, yaitu strategi dalam membagi waktu selama kompetisi ini mengingat waktu yang disiapkan terbatas hanya 25 jam saja.” Imbuh David.

Juri Sesi Final 90K Code 2017

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini mencapai puncaknya para peserta memaparkan hasil karya yang telah dikerjakan selama 90.000 detik dalam sesi Pitching di hadapan para juri. Para Juri merupakan praktisi startup di bidang teknologi dan bekerja secara independent tanpa pengaruh apapun termasuk dari panitia. Adapun para juri tersebut adalah: Bapak Darwin Tjoe – Founder dari CPSSoft produsen software Accurate Accounting, Bapak Ananto Wibisono – Founder dan CEO Sepulsa.com, serta Bapak Rama Mamuaya – Founder dan CEO DailySocial.id.

90K Code Judges berfoto bersama dengan Ketua Panitia dan Ketua Program Studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra

90K Code Judges berfoto bersama dengan Ketua Panitia dan Ketua Program Studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra: Bapak Darwin Tjoe (kedua dari kiri), Bapak Ananto Wibisono (tengah), serta Bapak Rama Mamuaya (kedua dari kanan)

Finalis dan Pemenang 90K Code 2017

Dari hasil penjurian secara teknis, ditetapkan para finalis pada masing-masing kategori. Adapun kelima finalis pada Kategori Mahasiswa adalah kelompok: Ciciks, Sembarang, Go-Bank, Digitalize Everything, dan Silver Bullet. Sedangkan pada Kategori Umum team yang berhasil menjadi finalis adalah: Karapan, Stratum, Asumu, Green Tea, dan iSight.

Proses Penjurian 90K Code melalui Final Pitch

Proses Penjurian 90K Code melalui Final Pitch

Setelah semua team mempresentasikan karyanya dalam sesi Final Pitch di hadapan para dewan juri, akhirnya ditetapkan pemenang untuk masing-masing kategori, baik kategori mahasiswa maupun umum. Di kategori mahasiswa keluar sebagai Juara I adalah kelompok Go-Bank, diikuti kelompok Sembarang sebagai Juara II, dan kelompok Silver Bullet keluar sebagai Juara III. Di Kategori Umum, keluar sebagai Juara I adalah kelompok Stratum, kelompok Green Tea sebagai Juara II, dan iSight sebagai Juara III.

Para Pemenang 90K Code kategori Mahasiswa

Para Pemenang 90K Code kategori Mahasiswa

 

Para Pemenang 90K Code kategori Umum

Para Pemenang 90K Code kategori Umum

Terima-kasih dan sampai jumpa di 90K Code selanjutnya!

Akhirnya terima-kasih atas segala partisipasi para sponsor, media partner, juri, mentor, para peserta, serta terutama untuk para panitia baik dari dosen maupun mahasiswa yang telah bekerja keras mempersiapkan dan melaksanakan acara ini. Semoga penyelengaraan 90K Code berikutnya makin banyak lagi yang berpartisipasi dan menghasilkan startup yang dapat dibanggakan di tingkat nasional bahkan internasional!.

Behind the scenes - sebagian Panitia 90K Code...

Behind the scenes – sebagian Panitia 90K Code…

 

written by: 20170926 SEW

By |2017-09-26T06:39:52+00:00September 26th, 2017|Berita, IMT, Kegiatan, Kerjasama, MIS, Technopreneurship|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department - Information & Multimedia Technology. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply