Juara HackFest 2017 - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Juara HackFest 2017

Juara HackFest 2017

Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra sapu bersih gelar Juara HackFest 2017, sebuah kompetisi pengembangan apps tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang tahapan finalnya diselenggarakan pada tanggal 12-13 Mei 2017. Penasaran siapa saja anggota team yang menang? Simak artikel ini….

HackFest 2017

Hackfest adalah singkatan dari Hackathon I-Fest, sebuah kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tema yang diusung panitia untuk penyelenggaraan tahun ini yang merupakan penyelenggaraan kelima IFEST 2017 adalah “A BIG LITTLE THING”. Acara ini didukung GameLoft, Tokopedia, MSI, dan beberapa perusahaan lainnya.

Hackathon sendiri adalah sebuah kompetisi dimana peserta diharapkan memecahkan suatu masalah yang ada di kehidupan sehari – hari melalui terobosan baru melalui dunia IT. Pada hackathon peserta diuji ketahanan dalam mengembangkan solusi tersebut secara kontinu selama 24 jam.

Penyelenggaraan kompetisi ini dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: Proposal Review, Top 20 Hackathon, dan Top 5 Pitching. Pada tahapan pertama peserta diminta mengirimkan proposal untuk kemudian diuji oleh para juri. Pada tahapan ini Universitas Ciputra mengirimkan 5 team untuk berpartisipasi. Anggota team berasal dari Program Studi Teknik Informatika program Information & Multimedia Technology (IMT) dan Management Information System (MIS). Selain itu, seorang mahasiswa International Business Management (IBM) yang merupakan peserta mata kuliah Entrepreneurship 4 Guild Technology juga bergabung di salah satu team.

Dari keseluruhan proposal yang masuk ke meja panitia, dilakukan seleksi menjadi 20 proposal. Team yang mengembangkan 20 proposal yang lolos ke babak final tersebut diundang untuk hadir di Yogyakarta untuk mengikuti acara utama berupa hacktahon 24 jam. Pada tahap ini seluruh tim UC lolos dan memulai tahapan hackathon yaitu mewujudkan ide dalam waktu 24 jam. Lalu setia mereka melakukan presentasi untuk lolos ke tahapan top 5.

Setelah berjuang dengan mengembangkan aplikasi semalam suntuk, sebanyak 4 team yang akhirnya lolos ke Top 5, yaitu: Blushnco, KLEF-ID, Petqper, dan Twentifour. Team dari tuan rumah Atma Jaya melengkapi daftar Top 5. Setelah melakukan proses presentasi atau pitching final dengan dewan juri yang berasal dari Tokopedia dan Universitas Atma Jaya, akhirnya pemenang diumumkan. Hasilnya, team Universitas Ciputra berhasil menyapu bersih seluruh gelar Juara I, II, dan III.

Baca juga:

Profil Team Teknik Informatika Universitas Ciputra dalam HackFest 2017

  • Twentifour: Marketplace untuk tour guide
  • Solo Travel: Platform untuk mencari teman seperjalanan
  • KLEF-ID: Marketplace untuk guru les pelajaran informal (musik, berenang, dll)
  • Blush n Co: Marketplace untuk Make Up Artist
  • PetQper: Semacam AirBnB untuk hewan peliharaan

Juara HackFest 2017 dari Teknik Informatika UC

Berikut adalah profil dari Juara I, II, dan III yang keseluruhannya berasal dari Teknik Informatika Universitas Ciputra.

Juara I: Blush n Co

Team juara I ini beranggotakan Reinardus Redo Haryono – Information & Multimedia Techology – IMT (kanan) dan Abia Darma Lemuel – Management Information System – MIS (kiri).

Juara I HackFest 2017: Blush n Co

Juara I HackFest 2017: Blush n Co

Juara II: PetQper

PetQper yang berhasil menjadi Juara II beranggotakan Evan Tanuwijaya – Information & Multimedia Techology – IMT (kiri) dan Adinda Widitya – Management Information System – MIS (kiri).

Juara II HackFest 2017: PetQper

Juara II HackFest 2017: PetQper

Juara III: Twentifour

Juara III adalah kelompok Twentifour yang terdiri dari: Ian Budi Kurniawan – Information & Multimedia Techology – IMT (kiri) dan Kevin Thomas Marlietama – Management Information System – MIS (kanan), dan Iva Tommy Marlietama – International Business Management – IBM (tengah).

Juara III HackFest 2017: Twentifour

Juara III HackFest 2017: Twentifour

Team Juara HackFest 2017

Team Juara UC menerima Piala dan berfoto dengan juri dari Tokopedia

Team Juara UC menerima Piala dan berfoto dengan juri dari Tokopedia

 

Team Juara dari Teknik Informatika Universitas Ciputra (IMT/MIS) berfoto bersama dosen pembimbing David Boy Tonara (ujung kiri) dan Kaprodi Teknik Informatika (IMT) Stephanus Eko Wahyudi

Team Juara dari Teknik Informatika Universitas Ciputra (IMT/MIS) berfoto bersama dosen pembimbing David Boy Tonara (ujung kiri) dan Kaprodi Teknik Informatika (IMT) Stephanus Eko Wahyudi

 

Team Juara HackFest 2017 berfoto di kampus Universitas Ciputra Surabaya

Team Juara HackFest 2017 berfoto di kampus Universitas Ciputra Surabaya

 

 

written by:
20170515 SEW

 

By |2017-05-15T07:39:33+00:00May 15th, 2017|Achievement, Berita, Entrepreneurship, IMT, MIS, Technopreneurship|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department - Information & Multimedia Technology. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply