Di masyarakat seringkali muncul pertanyaan, apa sih beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi? Yang mana yang paling cocok untuk dipelajari?

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu bidang yang berkembang dengan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Pemanfaatan teknologi ini telah sedemikian luasnya, sehingga sebagian besar masyarakat sudah memanfaatkannya sehari-hari, baik dalam berkomunikasi maupun menunjang pekerjaan.

Pertumbuhan teknologi nampaknya juga mendorong banyak sekali siswa SMA yang berminat untuk melanjutkan studi mereka di perguruan tinggi dengan memilih program studi yang terkait dengan komputer ini. Namun demikian, mereka seringkali dibingungkan dengan berbagai terminologi nama program studi yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi. Berbagai program studi tersebut juga memiliki kebebasan untuk menyelenggarakan program peminatan, yang menggunakan terminologi yang beragam, sehingga semakin menyulitkan calon mahasiswa untuk memilih program studi yang sesuai dengan minatnya.

APTIKOM

Artikel ini berusaha membahas beberapa program studi yang disepakati oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM), sebuah asosiasi yang berperan besar untuk menentukan arah pengembangan program studi yang terkait dengan kelimuan komputer. APTIKOM telah melakukan berbagai pertemuan maupun rapat koordinasi hingga tingkat nasional untuk merumuskan hal ini. Upaya yang telah dilakukan selama lebih dari 25 tahun ini melibatkan berbagai stake holder yang terkait di bidang ilmu informatika dan komputer. Berbagai acara yang diselenggarakan dimanfaatkan untuk bertukar pikiran, studi atau kajian untuk merumuskan pemetaan kompetensi dan pengelompokan domain rumpun ilmu informatika dan komputer. Kegiatan yang diselenggarakan juga dilakukan untuk mengadopsi best practices internasional dan perkembangan bidang keilmuan yang secara dinamis, tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Indonesia.

Dalam perjalanan APTIKOM merumuskan hal ini, berbagai pihak yang terlibat dalam merumuskan mengenai hal ini antara lain:

  • Asosiasi Industri Pengguna Lulusan: ASPILUKI (Perangkat Lunak), APKOMINDO (Perangkat Keras), APJII (Internet), AWARI (Warung Internet), IndoWLI (Wireless), I2BC (Bisnis), MASTEL (Telco), IPKIN (Profesi), LSP-Telematika (SDM), IMOCA (Multimedia), KADIN (Perdagangan), ASKISINDO (Konsultan), dan PERBANAS (Bank);
  • Institusi Pemerintah (Regulator): Kemristek dan DIKTI, Kemkominfo, Kemdagri, Kemindustri, Lemhannas, Polri, Kejagung, Bank Indonesia, Lemsaneg, BIN, ID-SIRTII, Kemhan, Kemkumham, BSN, dan KemESDM;
  • Asosiasi Internasional: IEEE, ACM, IASA, ISACA, ITGI, EC- Council, dan OSI;
  • Perguruan Tinggi Regional/Internasional: Asia (UTM, UKM, NTU, NUS, AIM, AIT), Europe (MSM, U-Cambridge, Oxford), Amerika (MIT, Stanford, GWU, UW-Seattle, CMU), dan Australia (Curtin, Monash, ECU)
  • Lembaga Terkait Lainnya: JICA, JETRO, USAID, DOJ-USA, OCWC, Open University, PIL, Apconex, APICTAN, ASOCIO, dan lain sebagainya.

5 Domain Bidang Ilmu, termasuk Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Pemetaan kompetensi lulusan terkait dengan domain bidang ilmu komputer menurut APTIKOM, adalah sebagai berikut:

  • Sistem Komputer / Computer Engineering (CE)
  • Ilmu Komputer / Teknik Informatika / Computer Science (CS)
  • Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering (SE)
  • Sistem Informasi / Information System (IS)
  • Teknologi Informasi / Information Technology (IT)

Kelima domain bidang ilmu ini juga telah ditetapkan pemerintah melalui  Surat Dirjen Dikti No.1030/D/T/2010 tanggal 26 Agustus 2010 tentang “Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer, dan Landskap”.

Di samping ke 5 (lima) bidang studi utama tersebut di atas, dikenal pula berbagai bidang studi baru yang ditawarkan oleh kebanyakan akademi di tingkat diploma, seiring dengan tingginya kebutuhan pasar, seperti misalnya: Komputerisasi Akuntansi, Multimedia, Animasi, Broadcasting, Programming, dan lain sebagainya.

Beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi, serta Program Studi lainnya

Teknik Informatika dan Sistem Informasi merupakan 2 program studi yang paling populer di Indonesia dari kelima program studi yang telah disebutkan sebelumnya. Seringkali masyarakat bertanya, apa beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Di Universitas Ciputra Teknik Informatika dikenal dengan nama Information & Multimedia Technology (IMT) sesuai dengan fokus peminatannya. Sedangkan Sistem Informasi di Universitas Ciputra dikenal dengan nama Management Information System (MIS). MIS UC sendiri hingga saat artikel ini ditulis masih merupakan fokus peminatan dari Teknik Informatika, dan dalam waktu dekat akan mandiri sebagai sebuah program studi.

Berdasar pada perkembangan dan sejarah evolusinya, Ilmu Informatika dan komputer dianggap sebagai rumpun ilmu yang terdiri dari berbagai bidang, kombinasi dari: HardwareSofware, Brainware, Information, dan System. Saat ini kurikulum yang dipergunakan program studi terkait mengacu pada standar best practice internasional yang disusun dan dikeluarkan oleh ACM dan IEEE.

Apa ya beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi ?

Apa ya beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi ?

Sistem Komputer / Computer Engineering

Bidang ilmu Sistem Komputer atau Computer Engineering memberikan penekanan pada kemampuan individu untuk merancang dan mengembangkan perangkat keras yang berbasis digital, yang mencakup di antaranya:

  1. Rancang bangun sistem berbasis komputer/digital.
  2. Studi mengenai perangkat keras, perangkat lunak, teknologi komunikasi, dan interaksi di antara komponen tersebut.
  3. Memberikan penekanan pada teori, prinsip, dan praktek terapan ilmu elektronika serta matematika, untuk kemudian diimplementasikan dalam bentuk desain komputer atau teknologi lain berbasis digital.
  4. Pada perkembangannya Computer Engineering juga menjadi ilmu yang mempelajari cara mendesain beragam peralatan berbasis digital dan beragam peralatan perangkat keras komunikasi yang banyak dipergunakan dalam jaringan komputer.
  5. Di samping itu, terkait pula dengan studi perancangan komponen berbasis digital (embedded devices).

Computer Engineering atau Sistem Komputer seringkali disebut pula dengan berbagai variasi nama, antara lain: Teknik Komputer, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Keras, Komputerisasi Digital, Ilmu Komputer Digital, Rekayasa Komputer, dan lain sebagainya.

Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Computer Science

Teknik Informatika merupakan salah satu yang tertua di Indonesia dan paling banyak ditemui di masyarakat. Beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi terlihat dai penekanan program studi ini. Program studi ini memberikan penekanan pada kemampuan individu untuk merancang dan mengembangkan algoritma komputasi, antara lain mencakup:

  1. Spektrum yang sangat beragam, dari yang sangat teoritis dan algorithmis hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.
  2. Terbagi menjadi tiga bagian utama yang menjadi fokus:
    1. Teori dan algoritma dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
    2. Teori dan algoritma dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras beserta komponennya.
    3. Teori dan algorithma yang dipergunakan sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu
  3. Kurikulumnya sangat kental dengan ilmu pengetahuan, terutama dengan: logika matematika, komputasi, dan algorithma. Penerapan dari ilmu tersebut dirupakan dalam bentuk pengembangan program komputer.

Ilmu Komputer atau Computer Science memiliki berbagai variasi nama yang sering ditemui, antara lain: Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

Sistem Informasi / Information System

Bidang ilmu ini memberikan penekanan pada kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi sebuah organisasi, yang merupakan aset utama organisasi. Beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi terlihat dari beberapa fokus penekanan program studi Sistem Informasi yang mencakup antara lain:

  1. Teknik integrasi solusi teknologi informasi dengan proses bisnis, untuk memenuhi kebutuhan organisasi akan informasi.
  2. Menekankan pada informasi sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitan kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
  3. Mempelajari aspek penting bagaimana informasi diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku-kepentingan dalam institusi.
  4. Kurikulum ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business).

Sistem Informasi memiliki variasi nama, antara lain: Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.

Teknologi Informasi (Information Technology)

Program studi ini menekankan pada kemampuan individu untuk merencanakan, menentukan, dan mengelola teknologi informasi. Berbagai implementasi tersebut memiliki fitur dan kapabilitas teknologi yang memiliki nilai tambah, antara lain memberikan penekanan pada:

  1. Aspek teknologi sebagai entity enabler organisasi.
  2. Proses tata kelola, perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pengawasan, dan evaluasi sumber daya teknologi informasi yang ada pada suatu institusi atau organisasi.
  3. Mempelajari kecenderungan perkembangan teknologi di masa mendatang dan perancangan ide atau gagasan terhadap inovasi teknologi yang dibutuhkan organisasi.
  4. Tata kelola (governance) teknologi informasi pada sebuah organisasi atau institusi.

Berbagai variasi nama yang sering ditemui adalah: Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Informasi, Telematika, Teknologi Informatika, dan lain sebagainya.

Rekayasa Perangkat Lunak / Software Engineering

Program studi ini menekankan pada kemampuan dalam merancang dan mengembangkan perangkat lunak (software), dengan penekanan pada:

  1. Pengembangan dan penerapan metodologi pembuatan perangkat lunak.
  2. Pengembangan model sistematis dan terpercaya, yang dapat dimanfaatkan sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak.
  3. Pengetahuan cara membangun sebuah perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak penunjang (tools software).
  4. Seluk beluk infrastruktur dan sistem informasi, dua komponen penting pengembangan perangkat lunak.

Adapun variasi nama yang sering ditemui: Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Software, Programming, Pengembangan Software, dan lain sebagainya.

Penutup

Semoga melalui penjelasan di atas, terlihat perbedaan antara berbagai program studi terkait dengan teknologi komputer. Semoga melalui artikel ini beda Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang seringkali ditanyakan juga dapat terjawab. Tertarik kuliah di Teknik Informatika? silahkan daftar di Teknik Informatika (Information & Multimedia Technology/IMT) Universitas Ciputra! Sebaliknya buat yang tertarik Program Peminatan Sistem Informasi bisa bergabung di Management Information System (MIS) Universitas Ciputra!

Teknik Informatika Universitas Ciputra @ Google Asia Pacific Head Quarters

Teknik Informatika Universitas Ciputra @ Google Asia Pacific Head Quarters

Referensi

  1. APTIKOM, Bidang KKNI, 11 OKTOBER 2015, Naskah Akademik, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Kkni) Rumpun Ilmu Informatika Dan Komputer
  2. APTIKOM, Mei 2015, Dokumen Rekomendasi dan Usulan Nomenklatur Program Studi dan Nama Gelar Bidang Ilmu Informatika dan Komputer Versi 1.0

 

Written by:
SEW 20170202