Press Start Logo

Press Start 2016

Press Start merupakan salah satu acara yang terselenggara berkat kerjasama Program Studi Teknik Informatika program Information & Multimedia Technology (IMT) bekerjasama dengan Visual Communication Design (VCD) Universitas Ciputra. Acara ini berlangsung mulai Bulan Maret 2016 dan puncaknya bertepatan pada Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke 723 yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2016.

Baca juga: 24 Hours Game Jam – Press Start 2016

Pada acara puncak diberikan penghargaan terhadap game yang dikembangkan sejak Game Jam – Stage 2 yang diselenggarakan pada 18-19 Maret 2016 lalu. Sebanyak 19 team mempresentasikan game yang mereka kembangkan, sesuai dengan tema yang ditetapkan panitia: “Surabayaku”.

Baca juga: 18 Team Menghasilkan 18 Game bertema “Surabayaku” 

Setelah semua team mempresentasikan karyanya, akhirnya Game “Suba Run” keluar sebagai Pemenang Press Start 2016 sekaligus game favorit peserta. Sebagai juara pertama team ini berhak memperoleh uang tunai sebesar Rp. 1.000.000. Selain itu team yang juga terpilih sebagai juara favorit ini berhak membawa pula uang tunai sebesar Rp. 250.000.

Press Start 2016 1st Winner: "Suba Run"

Press Start 2016 1st Winner: “Suba Run”

Game “Last Battle” berhasil menjadi Juara ke-2 dengan perbedaan nilai yang tipis. Juara kedua berhak mengantungi uang tunai sebesar Rp. 600.000. Game dengan tema peperangan di depan hotel Oranje (Majapahit) nampak asyik untuk dimainkan meski dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Press Start 2016 2nd Winner: Last Battle

Press Start 2016 2nd Winner: Last Battle

Akhirnya sebagai Juara ke-3 adalah Game “Yellow Squad“, sebuah game bertema Pasukan Kuning, pasukan pembersih sampah yang menjadi salah satu tumpuan untuk menjaga kebersihan Kota Surabaya. Juara ke-3 berhasil meraup hadiah uang tunai sebesar Rp. 400.000.

Press Start 2016 3rd Winner: Yellow Squad

Press Start 2016 3rd Winner: Yellow Squad

Para juri yang terdiri dari Jimmy Kurniawan (Game Developer), Edwin Alexander (Dosen IMT), dan Rendy Iswanto (Dosen VCD), memilih Suba Run sebagai pemenang karena konsep yang sesuai dengan tema Surabayaku yang ditetapkan, memiliki kualitas desain grafis yang luar biasa serta tidak ketinggalan pula gameplay yang paling keren. Sesama peserta sepakat dengan para juri dengan memilih game yang dihasilkan kelompok dengan memberikan vote nya kepada game ini.

 

Press Start 2016 Favourite Game: Suba Run

Press Start 2016 Favourite Game: Suba Run

Game Last Battle yang menjadi juara ke-2 juga tidak luput dari perhatian para juri, mengingat game play nya yang menarik serta ditunjang oleh grafis yang tidak kalah menariknya. Yellow Squad juga menunjukkan tema unik serta desain karakter animasi yang cukup menarik perhatian. Selain ketiga game tersebut ada beberapa game yang tidak kalah menariknya baik dari sisi gameplay maupun grafis.

Press Start 2016 All Winners

Press Start 2016 All Winners

Bapak Freddy Handoko Istanto selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif yang berkenan hadir di acara ini, berkenan memberikan sambutan singkat sekaligus menyampaikan hadiah kepada pemenang. Pada sambutan singkatnya Pak Freddy memberikan apresiasi kepada karya mahasiswa yang telah bekerja keras tersebut, sekaligus memberikan tantangan kepada para team agar dapat terus mengembangkan dan mengasah kemampuan untuk dapat menghasilkan karya yang lebih hebat dan berkualitas.

Selamat buat para pemenang, semoga game yang telah dihasilkan menjadi salah satu modal untuk mendorong bertumbuhnya minat untuk mengembangkan game studio. Buat yang belum menang, masih ada berbagai kesempatan di berbagai kegiatan yang diadakan baik oleh UC maupun berbagai komunitas dan industri game tanah air.

Press Start 2016 All Participants

Press Start 2016 All Participants

Pada kesempatan ini pula Universitas Ciputra, khususnya Jurusan Teknik Informatika Program Information & Multimedia Technology (IMT), mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke- 723. Semoga kota ini makin maju dan berkembang, serta semakin bertumbuh sebagai bagian dari ekosistem game development di Indonesia!