Pengguna WhatsApp Messenger (WA) dan ingin memaksimalkan penggunaanya? Simak Top 3 WhatsApp tips berikut…

Apa sih WhatsApp?

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan pada perangkat mobile yang saat ini memiliki pengguna aktif terbanyak dibandingkan pesaingnya seperti BBM maupun LINE. Aplikasi yang semula mengharuskan pengguna untuk membayar biaya tahunan ini, sejak beberapa waktu lalu telah dapat dimanfaatkan sepenuhnya secara gratis.

Aplikasi ini memiliki kekuatan utama dimana tersedia di berbagai platform mobile, yaitu: iPhone, BlackBerry, Android, Windows Phone and Nokia. Pengguna dari berbagai platform tersebut dapat berbagi pesan antar platform dengan mudah dan sederhana, yang merupakan kekuatan utama lainnya dari WhatsApp. Penggunaan koneksi data layaknya menggunakan Internet dan tidak mengharuskan berlangganan koneksi data khusus merupakan kekuatan lain yang tidak bisa diabaikan.

Memanfaatkan WhatsApp Tips untuk Memaksimalkan Penggunaannya

Lantas bagaimana cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp dalam menunjang kebutuhan untuk bersosialisasi maupun dalam bekerja? Berikut beberapa WhatsApp Tips yang paling populer…

1 Desktop App

Kabar bagus! WhatsApp telah merilis aplikasi versi desktop, yang tersedia baik untuk sistem operasi Windows maupun untuk sistem operasi Mac OS X. Adapun vesi sistem operasi yang didukung adalah Mac OS X 10.9 ke atas, sedangkan untuk Windows minimum adalah dengan sistem operasi Windows 8.

WhatsApp sebenarnya merupakan sebuah aplikasi yang sifatnya harus unik, dimana 1 account terhubung dengan nomer telepon mobile (kartu SIM), dan tidak dapat diinstal di beberapa perangkat sekaligus. Setiap perangkat akan memiliki akun yang berbeda dengan menggunakan nomer mobile yang berbeda.

Whatsapp Tips Download Desktop Apps

Whatsapp Tips Download Desktop Apps

Penggunaan Desktop App merupakan salah satu pengecualian, di mana justru versi Desktop hanya merupakan replikasi dari aplikasi yang telah diinstal pada perangkat mobile tersebut. Manfaatnya adalah bahwa pengguna tidak perlu secara terus-menerus mengaktifkan layar smartphone untuk melihat apakah ada pesan WhatsApp yang baru. Whatsapp tips ini secara langsung bermanfaat juga untuk menghemat baterai smartphone Anda.

2 Web Based

Bagi yang merasa bahwa komputernya sudah tidak lagi mumpuni sehingga keberatan untuk menginstal aplikasi khusus untuk WA seperti disampaikan di Trik nomer 1, dapat memilih opsi kedua yang telah lebih dahulu disediakan oleh WA. Solusi alternatif dari Apps adalah dengan menggunakan WA yang berbasis web.

Dengan memanfaatkan solusi kedua ini pengguna dapat memanfaatkan browser yang telah dimiliki untuk mengakses tampilan yang serupa dengan tampilan pada Aplikasi. Fitur yang disediakan pun juga serupa. WhatsApp Tips ini sebagai alternatif buat yang kurang begitu menyukai meninstall sebuah aplikasi baru yang membebani komputer.

3 Huruf Tebal, Miring, atau Coret? Bisaaa..

Pada akhir Maret 2016 yang lalu, WhatsApp secara resmi memperkenalkan fitur baru untuk memberikan penekanan pada teks yang disampaikan pada chatting dengan menggunakan aplikasi ini. Syaratnya adalah dengan mengupdate aplikasinya ke versi 2.12.17 untuk pengguna iOS dan versi 2.12.535 untuk pengguna Android.

WhatsApp Tips Formatting Text

WhatsApp Tips Formatting Text

Untuk menuliskan pesan dalam huruf tebal atau bold, gunakan asterisks atau tanda bintang (*), contohnya: *Cetak Tebal.*, sehingga akan tampil di layar Cetak Tebal. Untuk menampilkan tulisan dengan bentuk huruf miring atau italic, gunakan underscore atau garis bawah di awal dan akhir kalimat, contohnya _tulisan miring_, maka kan tampil tulisan miring. Pilihan lain adalah dengan mencoret tulisan atau strikethrough, dengan menggunakan karakter tilde atau cacing, seperti ~tulisan coret~ yang akan menghasilan tulisan coret.

Mau tau tips Whatsapp lainnya? silahkan tunggu artikel berikutnya di situs web Teknik Informatika Universitas Ciputra!

Links