Studi Ekskursi ke Singapore: Belajar Sambil Travelling - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Studi Ekskursi ke Singapore: Belajar Sambil Travelling

/, IMT, Kegiatan/Studi Ekskursi ke Singapore: Belajar Sambil Travelling

Studi Ekskursi ke Singapore: Belajar Sambil Travelling

Belajar tidak melulu harus di sebuah ruang sepi dengan setumpuk buku dan ditemani secangkir kopi panas. Mengunjungi perpustakaan seharian juga merupakan cara lama yang meski mungkin masih perlu sekali-sekali dilakukan, namun bukan sebuah keharusan. Apakah mungkin belajar sambil travelling?

Studi Ekskursi ke Singapore, Mahasiswa Teknik Informatika Belajar Sambil Travelling

Pada tanggal 25-30 Januari 2016, Program Studi Teknik Informatika Program Peminatan Information & Multimedia Technology mengadakan studi ekskursi ke Singapore. Sebanyak 22 orang mahasiswa disertai 2 orang dosen berangkat ke negara yang selain terkenal dengan kebersihannya juga dikenal sebagai negara yang menerapkan berbagai kecanggihan teknologi informasi dan multimedia di berbagai sudut kota.

0
Students
0
Lecturers
0
World Scale Companies
0
Learning Destinations

Beberapa perusahaan global dikunjungi dalam lawatan selama 6 hari tersebut, antara lain Google dan Microsoft. Para peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat yang sarat dengan muatan teknologi seperti Singapore City Gallery URA dan Science Centre. Terkait dengan entrepreneurship, tidak ketinggalan pula dilakukan kunjungan ke pusat inkubasi pengembang game di Singapore yang dikembangkan oleh pemerintah yang diberi nama Game Solution Centre. Tidak ketinggalan mereka mendapatkan ilmu mengenai Crowdfunding dari perusahaan capital ventura yang bernama CoAssets.

Studi Ekskursi Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra mengunjungi CoAssets Singapore

Studi Ekskursi Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra mengunjungi CoAssets Singapore

Pembelajaran di perjalanan ini tidak hanya sebatas pada kunjungan ke industri maupun ke beberapa tempat yang telah disebut sebelumnya. Begitu banyak yang mereka pelajari mulai dari hari pertama kedatangan ke airport hingga hari kepulangan melalui airport yang sama, Changi Airport yang menyediakan berbagai fasilitas menarik.

Kunjungan studi ekskursi ke berbagai tempat dilakukan dengan menggunakan public transport, yang memberikan kesempatan kepara para mahasiswa untuk mencoba berbagai teknologi mobile apps yang dapat membantu mereka agar tidak tersesat bahkan membantu untuk menemukan rute paling singkat dan moda transportasi yang paling tepat. Layanan MRT, bus,  maupun taxi berbasis aplikasi mobile, mereka rasakan dalam perjalanan ini.

0
km of Walking Distance
0
Steps of Walking
0
Calories Burn

Studi Ekskursi mencari Ide Solusi Permasalahan Nyata

Sepulang dari studi ekskursi ini mereka telah mendapatkan berbagai pengalaman memanfaatkan teknologi informasi dan multimedia di salah satu kota terbaik dunia tersebut. Berbagai ide untuk diterapkan di Indonesia akan mereka gali dan tuangkan dalam bentuk laporan yang kemungkinnan nantinya akan sangat bermanfaat dan mendukung pengerjaan tugas akhir mereka.

Nantikan berbagai laporan detail dari perjalanan ini di post berikutnya…

 

written by: SEW 20160201

 

By |2016-12-19T10:38:22+00:00February 1st, 2016|Berita, IMT, Kegiatan|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply