Selamat buat William Kurniawan telah terpilih menjadi Finalis Startup Sprint 2015

Pocket MoneyWilliam Kurniawan, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya program peminatan Information & Multimedia Technology (IMT) yang saat ini menempuh kuliah semester 7 telah meraih prestasi luar biasa dengan terpilihnya dia sebagai salah satu finalis Startup Sprint 2015. Karyanya yang diberi nama “Pocket Money with Parent Sync” yang dikembangkan berdasarkan tugas akhir dengan dosen pembimbing Caecillia Citra Lestari dianggap para juri layak untuk mendapatkan tempat di 10 besar dan layak untuk memperebutkan juara pertama.

Dengan terpilihnya karyanya sebagai Top 10 finalist, maka William Kurniawan akan berhak mendapatkan uang tunai 25 juta rupiah, bootcamp dan mentoring, serta memperoleh co-working space di Forward Factory Spazio Surabaya. Apabila nantinya berhasil masuk ke Top 3, maka uang tunai akan bertambah menjadi 50 juta rupiah. Puncaknya, apabila akhirnya berhasil memenangkan kompetisi ini maka akan berhak mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat teknologi dunia “Silicon Valley” di Amerika Serikat.

Dalam projek pengembangan aplikasi ini William Kurniawan didukung oleh Dewi Aryani, mahasiswa IHTB Universitas Ciputra. Berdua mereka menggarap konsep dan mewujudkan aplikasi untuk membantu manajemen keuangan anak tersebut.

William Kurniawan dan Dewi Aryani, pengembang Pocket Money

William Kurniawan dan Dewi Aryani, pengembang Pocket Money

Pengumuman Finalis dengan Dihadiri Ibu Tri Rismaharini

Pengumuman finalis dilaksanakan di Forward Factory, sebuah co-working space untuk para startup yang disediakan oleh Start Surabaya. Berlokasi di Spazio Building, sebuah tempat yang memadukan lokasi hangout paling happening di Surabaya dengan kantor yang dapat difungsikan selama 24 jam sehari.

Pemberian penghargaan dan pengumuman yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2015 ini dihadiri oleh Ibu Tri Rismaharini, eks Walikota Surabaya yang saat ini juga merupakan calon walikota Surabaya pada Pilkada yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2015.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya 2010-2015

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya 2010-2015 memberikan sambutannya dalam pengumuman finalis Startup Sprint 2015

Startup Sprint

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki potensi luar biasa untuk menjadi salah satu kota tujuan untuk industri kreatif dan teknologi. Dukungan dari pemerintah dan infrastruktur yang mendukung turut mendorong tumbuh kembangnya entrepreneur lokal.

Sebagai salah satu upaya untuk semakin mempercepat pengembangan Surabaya menjadi pusat inovasi Indonesia bahkan sampai tingkat regional, berbagai upaya dilakukan. Salah satu upaya yang dimotori oleh Start Surabaya dan EMTEK adalah menyelenggarakan sebuah kompetisi untuk startup di bidang teknologi yang diberi nama Startup Sprint. Ajang ini  ditujukan untuk mencari solusi yang memiliki dampak besar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah besar yang terdapat di masyarakat agar menjadikan Indonesia semakin baik.Ajang ini memberikan kesempatan berupa dorongan kepada para teknopreneur untuk mempercepat pengembangan bisnisnya melalui akses ke sasaran pengguna dan melalui pendanaan.

 

Yansen Kamto, CEO dan Founder Kibar memberikan kata sambutan sekaligus mengumumkan Top 10 Finalis

Yansen Kamto, CEO dan Founder Kibar memberikan kata sambutan sekaligus mengumumkan Top 10 Finalis

Yansen dalam sambutannya menyampaikan keprihatinannya terhadap anak bangsa yang seringkali ditemui kurang memiliki cita-cita yang tinggi. Beliau mengatakan bahwa negara Indonesia merupakan salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di dunia.

Peserta Startup Sprint diharapkan memiliki motivasi untuk mengembangkan aplikasi yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat luas hingga ke seluruh dunia. Hadiah uang tunai dan kesempatan ke Silicon Valley janganlah dijadikan motivasi untuk memenangkan kompetisi. Motivasi utama yang harus dikejar adalah menjadi entrepeneur teknologi tingkat dunia.

Senada dengan Yansen, Bu Risma juga menyampaikan bahwa para peserta juga diharapkan tidak putus asa apabila belum memenangkan kompetisi. Mungkin memang belum saatnya atau belum menemukan bentuk yang pas. Upaya harus terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan dan menyempurnakan ide yang telah dimiliki. Niscaya suatu saat nanti keberhasilan yang dinanti akan tiba.


Hadiah Puluhan Juta Rupiah + Co Working Space + Mentoring + Trip ke Silicon Valley

Berbagai hadiah mulai dari Hadiah Puluhan Juta Rupiah untuk para finalis dipersiapkan oleh penyelenggara kompetisi. Kesempatan untuk mengikuti bootcamp maupun mentoring juga sangat bermanfaat buat para finalis untuk menentukan pengembangan bisnis maupun di sisi teknologi. Selain itu dipersiapkan pula ruang kerja (co-working space) di tempat paling happening di Surabaya saat ini, yang akan dapat mendukung operasional bisnisnya. Tidak ketinggalan untuk pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Silicon Valley di Amerika Serikat.

Hadiah Startup Sprint 2015

Hadiah Startup Sprint 2015, pic sourtesy of http://startsurabaya.com/startupsprint/

Pocket Money

Aplikasi Pocket Money yang dikembangkan oleh William saat ini telah dapat didownload di Play Store dengan alamat: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ativesoft.pocketmoney. Alternatifnya silahkan search pada Google Play Store dengan kata kunci: “Pocket Money Ativesoft“.

Bu Tri Rismaharini memberikan masukkannya untuk pengembangan Pocket Money

Bu Tri Rismaharini memberikan masukkannya untuk pengembangan Pocket Money

Aplikasi ini merupakan aplikasi manajemen uang saku yang memungkinkan orang tua untuk mengetahui laporan penggunaan uang saku yang diberikan kepada anaknya. Dengan menggunakan aplikasi ini, secara tidak langsung orang tua telah mengajarkan bagaimana cara mengatur keuangan kepada anak, sehingga di masa depan anak memiliki kemampuan dalam manajemen keuangan. Selain itu, orang tua juga telah mengajarkan kepada anak untuk transparan atau terbuka kepada orang tuanya.

Di lain pihak, anak juga mendapatkan banyak manfaat, antara lain dapat lebih mudah dalam melakukan perencanaan keuangan, mencatat pemasukkan, pengeluaran, melihat laporan penggunaan uang saku, serta melakukan perhitungan pertumbuhan tabungan.

Children’s features:

  • Add incomes
  • Add expenses
  • Set monthly budgets
  • Get money usage reports
  • Savings calculator
  • Manage Profile

Parent’s feature:

  • Get child’s money usage reports
  • Scan QR Code
  • Manage Profile

 

Pocket Money Ativesoft di Google Play Store

Pocket Money Ativesoft di Google Play Store

written by: SEW 20151110

 

UPDATE 11 March 2016

Pocket Money is an application that designed to help parents to see their children’s cash-flow in real-time. By using this application, parents have taught their children about how to do financial management. Moreover, children will be transparent to their parents. Children also get many benefits. For example, children may be easier to do financial planning, record expenses and incomes, review their expenses, and calculate the growth of their savings.

Organizing your cash-flow allows you to have a better control over your money.

Features:
* Incomes
* Expenses
* Money usage report
* Balance growth prediction
* Manage children cashflow
* Profile personalization

App Store:
https://appsto.re/id/yYDRab.i

Google Play:
https://play.google.com/store/apps/details…

‪#‎app‬ ‪#‎apps‬ ‪#‎android‬ ‪#‎ios‬ ‪#‎appstore‬ ‪#‎playstore‬ ‪#‎googleplay‬ ‪#‎pocketmoney‬