Universitas Ciputra dengan tagline “Creating World Class Entrepreneurs” selalu berupaya untuk melakukan inovasi dalam mendorong upaya mahasiswa dalam mengembangkan bisnis. Mahasiswa diberikan motivasi dan juga semangat secara terus-menerus, serta dilatih agar peka terhadap kebutuhan yang ada di lingkungan sekitar dan masyarakat pada umumnya.

Salah satu aktivitas yang diselenggarakan selama sebulan dan puncaknya pada tanggal 4 November 2015 oleh Jurusan Teknik Informatika, Program Information & Multimedia Technology (IMT) dan Program Management Information System (MIS), diberi nama Pitching Competition. Acara ini bertujuan untuk mencari ide-ide baru berupa solusi teknologi informasi dan komunikasi yang inovatif dan merupakan solusi dari permasalahan konkrit.

Kelvin Allendro dari Pekku.com memeriksa proposal Pitching Competition

Kelvin Allendro dari Pekku.com memeriksa proposal Pitching Competition

Aktivitas ini dilaksanakan di bawah koordinasi Pak David Boy Tonara ini diikuti oleh antusias oleh kelompok mahasiswa yang tidak terkungkung oleh angkatan maupun kedua program. Para mahasiswa yang menjadi peserta adalah mahasiswa Universitas Ciputra yang utamanya adalah mahasiswa Program Studi Teknik Informatika baik IMT maupun MIS, dan beberapa kelompok mahasiswa dari berbagai program studi yang memiliki proyek pengembangan solusi teknologi informasi dari Guild Technology di mata kuliah Entrepreneurship 5.

Pada tahapan pertama mereka diminta untuk membuat proposal ide inovatif solusi bisnis yang memiliki potensi pengembangan bisnis. Beberapa proposal dengan ide yang bagi sebagian orang mungkin dianggap ‘gila” namun sebenarnya merupakan ide yang luar biasa, tampak terlihat dalam beberapa kelompok. Pada tahapan pertama dilakukan seleksi oleh juri yang telah berpengalaman di dunia bisnis teknologi informasi. Pak Kelvin Allendro Susetyo selaku Founder Pekku.com nampak begitu bersemangat dalam menyeleksi dan memberikan pendapatnya terhadap ide-ide yang telah dituangkan.

Kelompok yang telah lolos seleksi tahap pertama kemudian diminta untuk mempresentasikan di hadapan para juri yang merupakan praktisi yang telah memiliki pengalaman di industri. Para juri yang diundang dan berkenan hadir adalah dari beberapa startup yang telah memiliki portofolio yang tidak diragukan lagi.

juriJuri pertama adalah Tedo Salim, CEO dari Alkemis Studio – game developer pertama Surabaya yang mendapatkan pendanaan Venture Capital, yang berkenan hadir untuk memberikan penilaian terhadap konsep pengembangan aplikasi yang dipresentasikan. Di tengah kesibukannya dalam mempersiapkan diri memamerkan produk yang dikembangkannya dalam acara Game Developer Gathering Prime 2015 di Bandung dan Tech In Asia Conference 2015 di Jakarta, beliau masih menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk mendengarkan ide-ide dari mahasiswa Universitas Ciputra.

Juri lainnya yang tidak kalah hebohnya dan berkenan meluangkan waktunya adalah William Utomo, COO dari IDN Times, sebuah media online yang juga telah mendapatkan pendanaan dari Capital Ventures. Kesibukan beliau juga tidak menghalangi kehadirannya di Universitas Ciputra untuk memberikan masukan yang berharga demi pengembangan ide inovatif yang muncul.

Hadiah 5 Tiket Pesawat Surabaya-Jakarta pp

Pada penjurian final yang diselenggarakan di Ruang 321 kampus Universitas Ciputra Surabaya yang beralamatkan di UC Town, Citraland, Surabaya, para mahasiswa tampak bersemangat sekali untuk memperebutkan hadiah yang sangat menarik. Tercatat 5 buah tiket pesawat Surabaya – Jakarta pp senilai 7.5 juta rupiah dan tiket untuk menghadiri Tech In Asia Conference 2015 di Jakarta senilai masing-masing USD 100 yang mereka perebutkan pada acara ini.

Selamat buat seluruh peserta yang telah mempresentasikan ide-idenya, semoga dapat membantu untuk mewujudkan technopreneurs muda Indonesia melalui pengembangan ide-ide tersebut. Selamat juga buat para pemenang, semoga ide inovasi yang mereka kembangkan dapat segera direalisasikan dan bermanfaat bagi banyak orang. Selamat mengikuti Tech In Asia Conference 2015 di Jakarta!

 

20151004-PitchingCompetetion-ParaPemenang

Para Pemenang Pitching Competition berfoto bersama Tedo Salim-CEO Alkemis Studio (berdiri, 3 dari kanan), William Utomo-COO IDN Times (berdiri, 2 dari kanan), David Boy Tonara – Koordinator Acara (berdiri paling kanan), dan Stephanus Eko Wahyudi-Ketua Program IMT (berdiri paling kiri).

written by: SEW 20151105