Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di dunia untuk saat ini. Aplikasi berbagi foto ini merupakan salah bentuk ekspresi diri yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, utamanya anak muda.

To Square Or Not To Square

Square Picture on Instagram

Square Picture on Instagram

Instagram New Feature to Allow Non Square Photos

Instagram New Feature to Allow Non Square Photos

Salah satu fitur unik dari instagram adalah keharusan untuk penggunanya mengunggah foto dalam format bujur sangkar, yang terlihat seperti hasil beberapa perangkat fotografi populer Polaroid maupun Kodak Instamatic.

Keharusan memasukkan foto dalam format rasio bujursangkar ini sendiri dihilangkan pada pertengahan 2015 ini, tepatnya mulai versi 7.5 yang bisa didownload sejak tanggal 27 Agustus 2015. Sebagian penggemar fanatik Instagram menyayangkan mengenai hal ini, namun sebagian lainnya menyambut baik fitur baru ini.

Fitur lain yang juga menjadi unggulan dari Instagram adalah fitur Filter, yang memudahkan pengguna untuk mengubah tone warna dari foto, sehingga terlihat retro, lebih berwarna, off color, dan berbagai jenis tone warna lainnya. Fitur ini menjadi fitur yang banyak juga ditiru berbagai mobile apps lain yang terkait dengan fotografi.

 Instagram bought by Facebook

Instagram dikembangkan oleh sebuah startup di bidang teknologi yang bernama Burbn, Inc. yang didirikan pada tahun 2010. Perusahaan yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger  yang sekaligus menjadi CEO. Pada tahun 2012, perusahaan ini diakuisisi oleh Facebook yang merupakan raksasa media sosial nomer 1 di dunia pada tanggal 9 April 2012 dengan nilai sekitar USD 1 miliar.

10 Tips Untuk Menambah Follower Instagram

Pada perkembangannya banyak sekali penggunanya yang memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis mereka. Mulai dalam bentuk mengiklankan produk, menerima pemesanan produk, ataupun berupa endorsement di mana perusahaan bisa menitipkan produk mereka untuk dipromosikan di pemilik Account Instagram yang memiliki banyak follower.

Nah tentunya yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya mendapatkan banyak follower untuk sebuah akun Instagram. Bagaimana membuat orang tertarik dengan posting yang dimasukkan dalam timeline sehingga menarik perhatian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah follower Instagram.

  1. No Private Account
    Syarat utama untuk mendapatkan follower dengan jumlah banyak seorang pengguna Instagram harus memiliki akun yang terbuka, di mana pengguna Instagram lainnya dapat melihat berbagai foto yang dibagikan.
  2. Post A Good Photo
    Pastikan foto yang diupload benar-benar foto yang berkualitas, baik dari sisi kualitas fotonya sendiri, makna atau pesan yang ingin disampaikan, maupun dari sisi keunikan dari foto tersebut.
  3. Stick to a Theme
    Temukan tema yang menarik dan gunakan tema tersebut secara konsisten. Foto-foto yang diupload harus berada di tema yang sama.
  4. Be Consintent
    Kita harus secara konsisten menambahkan foto-foto baru. Dengan menambahkan foto baru yang menarik secara konsisten dan reguler, maka pengguna akan menanti foto-foto baru pada jam dan hari yang sesuai kebiasaan.
  5. Analyze The Target Audience
    Dengan menggunakan Instagram sebagai salah satu platform digital marketing kita dapat menganalisa strategi marketing tersebut. Dengan menggunakan Instagram kita akan dapat mengalisa jam dan hari apa yang paling tepat untuk menambahkan foto baru pada akun Instagram tersebut.
  6. Related Hashtag #
    Penggunaan hashtag atau simbol # akan sangat membantu pengguna lainnya untuk menemukan foto kita. Gunakan hashtag yang benar-benar terkait dengan foto yang diunggah, jangan menggunakan hashtag yang berlebihan yang tidak terkait.
  7. Like or Comment Other User Photos
    Silahkan like foto-foto orang yang menjadi target pengguna bisnis yang kita miliki. Misalnya dengan melike foto-foto makanan pengguna Instagram lain apabila bisnis kita di bidang restoran.
  8. Website and Other Social Media will help
    Website merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang tidak bisa diabaikan untuk mendukung bisnis. Sosial media lainnya seperti Facebook, Youtube maupun Twitter juga akan sangat bermanfaat untuk dikembangkan. Buatlah post yang relevan dan berikan link untuk menuju akun Instagram yang kita miliki.
  9. Make A Contest
    Buatlah kontes dengan hadiah yang menarik para target pengguna produk maupun jasa Anda. Kontes memungkinkan artikel menjadi viral melalui share post.
  10. Ask A Question
    Selain membuat kontes, lontaran pertanyaan yang memancing komentar dari pengguna lain juga cukup efektif untuk mendapatkan follower secara natural

Selain 10 tips tersebut masih banyak lagi tips lainnya, namun sebaiknya penerapannya adalah langkah-demi-langkah, agar tidak malah menyurutkan niat untuk mempopulerkan akun Anda…

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat ber-Instagram-ria!

 

written by: Stephanus Eko Wahyudi