Pada tanggal 9 September 2015, Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya, baik program Information & Multimedia Technology (IMT) maupun Management Information System (MIS), kedatangan serombongan tamu yang merupakan entrepreneurs di bidang teknologi (Technopreneurs). Serombongan anak muda dan para penggiat bisnis yang telah meraih sukses ini memberikan inspirasi, tips, dan triks yang perlu dilakukan oleh para mahasiswa untuk memulai usaha mereka (startup).

Acara bertajuk Startup Sprint Roadshow: Entrepreneur Mindset ini digawangi oleh Start Surabaya bersama dengan EMTEK, bekerja sama dengan Jurusan Teknik Informatika Universitas Ciputra. Acara seru yang yang diselenggarakan di Theater Room Universitas Ciputra ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa ini mengupas abis peluang yang ada untuk memulai bisnis di bidang teknologi informasi. Sebagai inspirator, hadir Nayoko Wicaksono dan Lisa dari Seekmi.com yang sekaligus mewakili EMTEK Group, Johannes Chandra – CEO Eikon Technology, serta Don Rozano – General Manager Enciety Business Consult.

Just Do It!

Nayoko Wicaksono di Teknik Informatika Universitas Ciputra

Nayoko Wicaksono di Teknik Informatika Universitas Ciputra

Nayoko, seorang entrepreneur muda yang telah sukses mengembangkan beberapa solusi teknologi informasi ini menuturkan, bahwa yang terpenting bagi seorang technopreneur adalah mengetahui permasalahan yang ada pada masyarakat. Dari permasalahan tersebut dapat dikembangkan sebuah solusi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, atau disebutnya dengan istilah “market fit“. Just Do It!, sebuah gagasan jangan hanya di atas kertas, namun perlu untuk diwujudkan. Produk yang dihasilkan tidak harus sempurna 100% pada saat dirilis, namun perlu secara bertahap dikembangkan sesuai dengan masukan yang diberikan penggunanya.  Apabila sebuah solusi yang dikembangkan benar-benar bermanfaat, maka secara otomatis market akan merespon. Respon yang diberikan bisa bermacam-macam, antara lain dengan membantu startup untuk promosi dengan cara yang efektif dan relatif tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, yaitu dengan “word of mouth”, dengan share di berbagai media sosial yang ada.

Nayoko yang juga merupakan CEO dari Seekmi.com ini juga menuturkan, bahwa Founder sesuai solusi teknologi informasi merupakan salah satu tokoh kunci dari keberhasilan startup untuk mendapatkan dukungan, baik finansial berupa investasi maupun kepercayaan publik. Oleh karena seorang CEO harus memiliki visi dan misi yang jelas, kapasitas yang tinggi, kemampuan untuk menjadi pemimpin, serta tidak ketinggalan memiliki pengalaman yang cukup. Kegigihan atau Persistence, yang merupakan salah satu hal yang juga ditekankan oleh Pak Ciputra sebagai salah satu dari 7 prinsip entrepreneurship, juga disebutkan Nayoko sebagai salah satu faktor yang perlu untuk dimiliki oleh seorang founder.

Johannes Chandra sebagai pembicara lainnya dalam acara ini juga terus menegaskan pentingnya passion atau semangat dalam mengembangkan sebuah produk maupun jasa di bidang teknologi informasi. Kemampuan untuk meyakinkan diri sendiri maupun orang di sekitar kita mengenai prospek bisnis maupun solusi kita juga merupakan salah satu faktor yang tidak boleh dilupakan. Keluarga misalnya, merupakan orang terdekat yang harus memberikan kepercayaan dan dukungan.

Entrepreneur Mindset

General Manager Enciety Business Consult – Pak Don Rozano, juga menegaskan berbagai tips dan trik yang diberikan oleh Nayoko dan Lisa dari Seekmi.com serta Johannes Chandra dari Eikon Technology. Beliau juga meyakinkan bahwa setiap pemuda, termasuk di dalamnya mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Ciputra, agar dapat memiliki Entrepreneur Mindset serta percaya diri dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan maupun terus mencoba berbagai peluang yang ada. Saat ini masanya para mahasiswa untuk bekerja keras, khususnya menghadapi tantangan MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang sudah tinggal beberapa bulan lagi.

Pembicara StartupSprint berfoto bersama Dosen dan Pimpinan Informatika UC

Pembicara StartupSprint berfoto bersama Dosen dan Pimpinan Informatika UC

Akhirnya Pak Don berpesan, peluang berbagai kompetisi yang sekarang diguyur oleh berbagai perusahaan, organisasi, maupun pemerintah, harus disambut dengan menghasilkan karya-karya yang benar-benar dibutuhkan bangsa. Kemudahan yang tersedia seperti minimnya kebutuhan dukungan sumber daya di era teknologi informasi ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan. Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra baik program peminatan Information & Multimedia Technology maupun Management Information System (MIS) harus menjadi pioneer, sesuai dengan slogan Universitas Ciputra: “Creating World Class Entrepreneur“!

Salam Entreprenur!!!
Stephanus Eko Wahyudi

Poster Startup Sprint

Poster Startup Sprint