Ciputra Group

Ir. Ciputra merupakan nama yang tidak asing di masyarakat Indonesia. Tidak saja beliau dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang property, namun juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang mempopulerkan Entreneurship di Indonesia. Ingin tahu berbagai proyek Ciputra Group yang tersebar di berbagai penjuru tanah air? simak video profile resmi Ciputra Group 2015 ini.

 

 Profil Dr Hc. Ir. Ciputra

Ir. Ciputra merupakan founder dan chairman Ciputra Business Group. Ir. Ciputra menyelesaikan kuliahnya dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1960 dan berhak menyandang gelar sarjana di bidang Teknik Arsitektur. Pada tanggal 1 Maret 2008, Ir. Ciputra menerima gelar Doktor Kehormatan (HC) dari Universitas Tarumanagara, berkat kontribusi dan dedikasinya dalam mengembangkan properti Indonesia, yang didukung dengan semangat kewirausahaan visioner.

Dr Hc. Ir. Ciputra saat ini telah mendirikan beberapa perusahaan. Beliau merupakan pendiri PT Pembangunan Jaya didirikan pada tahun 1961 dan PT Metropolitan Development Tbk yang didirikan pada tahun 1971. Saat ini, beliau menjabat sebagai Komisaris di kedua perusahaan tersebut secara terpisah. Selain itu, Pak Ci – demikian beliau sering disebut – menjabat sebagai Komisaris di Ciputra Business Group, yang dimulai sejak tahun 1994, dan sebagai Presiden di PT Jaya Real Property sejak tahun 1995. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Ciputra Development Tbk dan PT Ciputra Surya Tbk.

Dr. Ciputra dikenal pula untuk pengembangan kota skala besar yang inovatif, tidak hanya di Indonesia namun juga di Asia Tenggara. Namanya identik dengan properti yang sukses. Dia adalah seorang pria yang telah mengabdikan hidupnya untuk pembangunan Indonesia dan kemajuan kehidupan bagi masyarakat. Dia telah menerima banyak penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia serta lembaga internasional. Selain itu Pak Ci juga dikenal sebagai seorang dermawan. Baginya, menjadi donatur untuk masyarakat merupakan bagian dari kehidupan menjadi seorang pengusaha. Berbagai kiprahnya di bidang sosial adalah dengan mendirikan berbagai yayasan sosial. Di profesinya beliau mendirikan Asosiasi Arsitek Indonesia, pendiri dan presiden pertama Asosiasi Real Estate Indonesia (REI), sebagai salah satu pendiri dari Asia Pasifik Real Estate Foundation (APREF), orang Indonesia pertama yang terpilih menjadi Ketua Federasi Internasional Asosiasi Real Estate (FIABCI) 1989-1990.

Dr Ciputra percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk masa depan bangsa. Dia mendanai sejumlah yayasan non-profit yang didedikasikan untuk pendidikan, seni, olahraga, dan bantuan bencana. Ia terlibat dalam pembentukan lebih dari 10 lembaga pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak ke universitas di 35 tahun terakhir. Dia menjabat sebagai Ketua di Yayasan Don Bosco, di Yayasan Pendidikan Jaya, di Tarumanagara Foundation, di Prasetya Mulya Foundation. Dalam bidang olahraga, Dr. Ciputra mengarah Raya Yayasan Jaya dan mengelola klub badminton Jaya Raya yang telah menghasilkan beberapa juara dunia. Pemenang medali emas cabang olah raga bulutangkis untuk nomor Ganda Putra pada Olimpiade 2008, Asian Games 2010 merupakan contoh prestasi yang dihasilkan oleh klub ini. Dia juga merupakan penggagas dan salah satu pendiri dari AYUB (Asosiasi Yayasan untuk Bangsa).

Selain berbagai yayasan tersebut, pada tahun 1986, Dr. Ciputra dan keluarganya juga mendirikan Ciputra Foundation untuk menyediakan dana untuk pendidikan dan tanggung jawab sosial lainnya. Di balik kemilau pengusaha sukses, Dr. Hc. Ir. Ciputra saat ini terlibat dalam mempromosikan dan menyebarkan semangat kewirausahaan di seluruh bangsa Indonesia. Pada tahun 2003, ia membuat keputusan yang signifikan untuk fokus pada pelayanan sosial di bidang pendidikan. Pada setiap kesempatan, ia selalu menanamkan pentingnya kewirausahaan untuk membuat bangsa Indonesia ke depan. Dia bertujuan menginspirasi 4 juta pengusaha muda baru dalam 25 tahun ke depan. Dia mendesak pemerintah untuk menerapkan pendidikan kewirausahaan di TK, sekolah dan universitas. Pada tanggal 29 Oktober 2009, di National Summit Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyetujui usulan ini, dan diperlukan menteri untuk mulai menerapkan pendidikan kewirausahaan dengan sistem pendidikan nasional sebagai agenda nasional yang baru untuk pendidikan anak-anak dan pemuda. Pak Ci dikenal sebagai entrepreneur sejati yang memiliki visi, kecerdasan, keyakinan dan kerja keras, yang mengantarkannya untuk memenangkan dua sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Dia adalah pengusaha pemenang penghargaan yang paling dalam berbagai bidang di Indonesia, dan dia adalah satu-satunya yang memberikan pelatihan kewirausahaan untuk setidaknya 1231 guru. Dia juga terpilih sebagai Entrepreneur of the Year 2007 oleh Ernst & Young.

 

photo credit: Ciputra Hanoi

video credit: Ciputra Group