Bebras Biro Universitas Ciputra Surabaya kembali mengadakan Workshop Computational Thinking yang dimulai pada tanggal 5 April 2021. Workshop yang merupakan batch 2 ini akan diselenggarakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 5, 7, dan 8 April 2021. Sebanyak 125 guru dari  berbagai sekolah mengikuti kegiatan workshop Training for Trainers untuk para guru SD dan SMP ini.

Workshop ini merupakan workshop yang diselenggarakan secara online atau daring dengan menggunakan aplikasi video conference Zoom. Peserta tidak ditarik biaya atau GRATIS, bahkan bagi guru yang mengikuti kegiatan ini secara lengkap akan mendapatkan subsidi pulsa. Hal ini dimungkinkan karena kerjasama Bebras Indonesia yang mendapatkan dukungan dari Google.org.

Acara dibuka oleh MC Bu Theresia Ratih Dewi Saputri, S.Kom., M.Sc., Ph.D. yang memberikan garis besar mengenai kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengantar mengenai Computational Thinking oleh Bapak Dr. Ir. Tony Antonio, M.Eng., yang memberikan gambaran mengenai pentingnya edukasi guru terkait dengan Computational Thinking yang pada akhirnya bertujuan agar siswa di K-12 dapat menguasai Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Workshop Computational Thinking - Tony Antonio

Workshop Computational Thinking – Tony Antonio

Setelah pengenalan dalam waktu sekitar 15 menit, akhirnya acara dimulai dengan sesi pertama yang dibawakan oleh Bu Dipl.-Inf. Laura Mahendratta Tjahjono. Pada sesi ini Bu Laura memberikan gambaran mengenai apa itu Computatational Thinking, Bebras, Bebras Challenge, dan berbagai informasi penerapannya beserta dengan berbagai contoh soal yang ada.

Workshop Computational Thinking - Laura Mahendratta

Workshop Computational Thinking – Laura Mahendratta

Di sesi berikutnya Evan Tanuwijaya, S.Kom., M.Kom. berkesempatan membagikan berbagai online tools yang dapat dipergunakan untuk melatih Computational Thinking. Berbagai situs web dan aplikasi ini memang nampaknya kental dengan pemrograman, meski demikian diharapkan berbagai aplikasi ini dapat membuat siswa tertarik karena penggunaannya yang mudah dan bersifat fun, dimana hasil dari beberapa web atau aplikasi tersebut adalah berupa game yang dapat dimainkan. Namun demikian, sekali lagi perlu diingat, yang lebih penting adalah pola pikir dan mindset, dimana tools tersebut hanya sebagai alat bantu. Penggunaan tools tersebut juga bersifat opsional, boleh digantikan dengan alat bantu lain misalnya dengan menggunakan Bebras Card atau bahkan sekedar paper and pen.

Workshop Computational Thinking Resources oleh Pak Evan

Workshop Computational Thinking Resources oleh Pak Evan

Apa itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)?

Higher-order thinking, atau dikenal juga dengan istilah higher order thinking skills (HOTS), merupakan sebuah konsep reformasi pendidikan yang berdasarkan taksonomi pendidikan (seperti halnya Taksonomi Bloom’s). Pengembangan konsep ini adalah berawal dari ide bahwa beberapa jenis pembelajaran membutuhkan lebih banyak pemrosesan kognitif daripada yang lain, tetapi juga memiliki manfaat yang lebih umum. Dalam taksonomi Bloom, misalnya, keterampilan yang melibatkan analisis, evaluasi, dan sintesis atau penciptaan pengetahuan baru dianggap memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada pembelajaran fakta dan konsep yang membutuhkan metode pembelajaran dan pengajaran yang berbeda. Pemikiran tingkat tinggi melibatkan pembelajaran keterampilan memberikan penilaian yang kompleks seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah. Pemikiran tingkat tinggi lebih sulit untuk dipelajari atau diajarkan tetapi juga lebih berharga karena keterampilan tersebut lebih mungkin digunakan dalam situasi baru (yaitu, situasi selain situasi di mana keterampilan itu dipelajari).

Sumber:  Wikipedia.

Berikut ini adalah sekolah yang berpartisipasi dalam Workshop Computational Thinking Batch 2 yang diselenggarakan oleh Biro Bebras Universitas Ciputra Surabaya:

  1. Sekolah Citra Berkat Citraland Surabaya
  2. Sekolah Citra Kasih Jakarta
  3. Sekolah Citra Kasih Manado
  4. Sekolah Citra Berkat The Taman Dayu
  5. Sekolah Citra Kasih Don Bosco
  6. Sekolah Citra Kasih Manado
  7. Sekolah Citra Berkat Citra Indah
  8. Sekolah Citra Kasih Citra Garden Jakarta
  9. Sekolah Kristen Elyon
  10. GEOGEBRA
  11. HOMESCHOOLING Prima Edu Gama
  12. LPI Al Azhar Menganti Gresik
  13. MI mambaul Hidayah
  14. Pelita Jaya School
  15. SD Islam Al Azhar 56 Malang
  16. SD Islam Tunas Harapan
  17. SD Kristen Calvin Jakarta
  18. SD Kristen Gloria 1
  19. SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo
  20. SD Pelita Jaya
  21. SDK Anugerah Jakarta
  22. SDN 1 NGEBONG
  23. SMP Gemilang
  24. SMPN 2 MOJOKERTO
  25. SMPN 3 BANGSALSARI