Mau membuat blog yang banyak diakses oleh para netizen? tentunya harus mempertimbangkan penggunaan Keyword Research Tool yang merupakan salah satu tahapan Search Engine Optimization (SEO) paling penting. Artikel ini akan menampilkan Top 10 keyword research tool yang sangat ini banyak dipergunakan dan mungkin bermanfaat dalam proses pencarian keyword dari artikel yang banyak dibutuhkan oleh netizen.

Keyword

Sebelum menampilkan daftar Top 10 Keyword Research Tool Gratis, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai definisi dari Keyword atau seringkali juga disebut dengan Kata Kunci. Kata ini merujuk kepada kalimat yang dituliskan oleh pengguna Internet pada saat menggunakan mesin pencarian seperti Google atau Yahoo. Kalimat tersebut merupakan rangkaian kata yang dipikirkan oleh penggunanya pada saat ingin menemukan sesuatu di Internet.

Berikut adalah beberapa contoh kata kunci yang diketikkan pada Google Search Engine: Samsung, Samsung Galaxy S10, harga terbaik Samsung Galaxy S10, Apple, iPhone, diskon iPhone X, dan sebagainya. Masing-masing memiliki tujuan yang berbeda apabila dikaitkan dengan apa yang ada di benak pencarinya.

Tujuan Artikel Blog Sebagai Dasar Penggunaan Keyword Research Tool

Sebelum menentukan keyword yang akan dijadikan target, perlu ditentukan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan artikel blog. Membuat artikel tentang sebuah smartphone terbaru dari Samsung misalnya, perlu diawali dengan tujuan dari artikel tersebut, misalnya:

  • Memberikan informasi terbaru tentang smartphone tersebut?
  • Menawarkan penjualan smartphone tersebut dengan harga terbaik?
  • Memberikan berbagai fitur yang tercanggih yang ditawarkan?
  • dst

Dari tujuan tersebut maka dapat ditentukan kira-kira alternatif keyword apa yang mungkin diketikkan oleh pengguna. Dari daftar alternatif keyword yang ditentukan, maka pembuat artikel perlu untuk melakukan pengujian atau pemeriksaan, antara lain terkait dengan:

  • Apakah masih belum banyak persaingan untuk menjadi nomer 1 di Google untuk kata kunci tersebut?
  • Apakah banyak pengguna Internet yang mencari kata kunci tersebut?
  • Apakah ke depan diperkirakan masih banyak pengguna Internet yang akan mencari kata kunci tersebut?

Apabila semua pertanyaan tersebut mendapatkan jawaban “Ya”, maka pembuat blog dapat mengembangkan artikel yang dioptimasi agar dapat dengan cepat mendapatkan tempat terhormat di Google, yaitu di halaman pertama, bahkan mungkin di urutan terhormat yaitu di urutan 1-5 dari hasil pencarian.

Top 3 Keyword Research Tool Gratis

Di Internet dapat ditemukan berbagai keyword research tool, baik yang berbayar maupun gratis. Berikut adalah beberapa keyword research tool gratis yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang blog dalam menentukan keyword atau kata kunci dari masing-masing artikel. Beberapa dari tool yang ada pada daftar juga mungkin menyediakan opsi berbayar untuk fitur tertentu yang memberikan tambahan informasi bagi penggunanya.

1. Google Keyword Planner

Salah satu Keyword Research Tool Gratis yang banyak dipergunakan adalah Google Keyword Planner. Fitur yang disediakan oleh Google untuk calon pengiklan di Google ini banyak dipergunakan oleh pengembang blog untuk mendapatkan ide keyword dan juga mendapatkan informasi mengenai persaingan dan juga volume pencarian untuk keyword tertentu. Namun demikian tool gratis ini semakin lama semakin menurun fungsinya, karena Google ingin mengembalikan fungsi utamanya untuk membantu pengiklan dalam menentukan keyowrd yang akan dipasang pada iklan.

Google Keyword Planner: https://ads.google.com/Official/KeywordPlanner

Tampilan Google Keyword Planner

Tampilan Google Keyword Planner

2. Google Trends

Tools lain dari Google yang dapat dimanfaatkan secara gratis adalah Google Trends. Dengan menggunakan Google Trends, akan diperoleh berbagai kata kunci yang saat ini sedang banyak dicari pengguna Internet. Selain itu, data perkiraan volume pencarian di masa mendatang juga menarik untuk disimak dan dijadikan  sebagai keyword alternatif yang dapat ditarget.

Google Trends https://trends.google.com/

Tampilan Google Trends

Tampilan Google Trends

 

Contoh hasil pencarian Google Trends

Contoh hasil pencarian Google Trends

 

Contoh kata kunci relevan dari hasil pencarian Google Trends

Contoh kata kunci relevan dari hasil pencarian Google Trends

3. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere merupakan sebuah add-ons untuk browser Chrome dan juga Firefox yang dapat diinstal oleh pembuat artikel blog. Setelah add-ons ini diinstal, maka pada saat mengetikkan kata kunci pada Google maupun berbagai website, maka akan ditampilkan volume search dari keywords yang dicari maupun juga untuk keywords yang dihasilkan dari auto complete dari search engine.

Berbagai website yang didukung antara lain:

  • Google.com – data ditampilkan di textbox search
  • Google Search Console – data ditampilkan di halaman  Search Analytics
  • Google Analytics – data ditampilkan di Organic dan Search Engine Optimization
  • Google Trends – data ditampilkan di widget pencarian
  • Google Keyword Planner – data ditampilkan di kolom baru
  • Google Search – data ditampilkan di setiap keywords yang ditampilkan
  • YouTube – data ditampilkan di textbox search
  • Amazon – data ditampilkan di textbox search
  • eBay – data ditampilkan di textbox search
  • Etsy – data ditampilkan di textbox search
  • UberSuggest – data ditampilkan di samping keywords
  • AnswerThePublic.com – data ditampilkan dalam sebuah popup
  • Soovle.com – data ditampilkan di setiap keywords yang ditampilkan di berbagai bagian halaman
  • KeywordShitter.com – data ditampilkan di bawah text area
  • Majestic – data ditampilkan pada Anchor Text Report
  • Moz Open Site Explorer – data ditampilkan pada  Anchor Text Report
Tampilan Keywords Anywhere, salah satu keyword research tool yang dapat dimanfaatkan secara gratis

Tampilan Keywords Anywhere, salah satu keyword research tool

4. Google Search untuk Keyword Research Tool

Google sebagai search engine merupakan salah satu tool gratis yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan ide kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang diinputkan di search engine. Setiap kali mencari kata tertentu, maka akan ditampilkan data kata kunci yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Prediksi Google Search yang dapat dipergunakan sebagai tool pencarian keyword alternative

Prediksi Google Search yang dapat dipergunakan sebagai tool pencarian keyword alternative

 

Demikian beberapa tool yang dapat dimanfaatkan secara gratis untuk mendapatkan kata kunci atau keyword yang akan diterapkan pada SEO sebuah halaman web atau blog. Semoga bermanfaat, apabila ada keyword tool lain yang juga dapat dimanfaatkan secara gratis, silahkan tuliskan di bagian comment agar dapat dimanfaatkan pula oleh pembaca artikel ini.

 

written by: SEW 20190611