Pada tanggal 25 April 2019, Rombongan dari Tokopedia kembali hadir di Universitas Ciputra. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kerjasama yang telah dibangun antara Tokopedia dengan Universitas Ciputra, khususnya dengan program studi Teknik Informatika (IMT), Sistem Informasi (ISB), dan Visual Communication Design (VCD).

Scholarship Info Session

Kunjungan yang berlangsung selama sehari ini, diawali dengan sesi pertama yang diikuti secara terbatas oleh mahasiswa dari ketiga program studi yang disebutkan di atas. Adapun mahasiswa yang mengikuti acara sesi pertama ini adalah mahasiswa yang memenuhi kriteria dari calon penerima beasiswa dari Tokopedia, yaitu mahasiswa semester 6. Sesi ini dibawakan oleh Johanna Renita Hadipraja – Employer Branding Tokopedia, dan dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa.

Berfoto bersama setelah Tokopedia Scholarship Information Session

Berfoto bersama setelah Tokopedia Scholarship Information Session

Mahasiswa Universitas Ciputra, khususnya dari program studi Teknik Informatika (IMT), Sistem Informasi (MIS), dan Visual Communication Design (VCD) yang memenuhi berbagai kriteria yang ditetapkan, akan dapat mengikuti proses seleksi yang terdiri dari pengumpulan essay atau karangan dengan tema yang telah ditentukan, mengikuti test kemampuan teknis, serta wawancara yang diselenggarakan oleh Tokopedia. Mahasiswa yang berhasil dalam berbagai proses tersebut akan mendapatkan beasiswa studi selama semester 7 dan 8, mendapatkan uang saku sebesar Rp. 3 jt per bulan pada semester 7 dan 8, mendapat uang buku serta pembiayaan untuk wisuda. Setelah menyelesaikan studinya, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk magang dan mendapatkan peluang untuk dianggap menjadi staff di Tokopedia.

Tokopedia team berfoto bersama dosen dan staff Universitas Ciputra di depan Mural UC

Tokopedia team berfoto bersama dosen dan staff Universitas Ciputra di depan Mural UC

Tech A Break

Setelah makan siang, diselenggarakan sesi seminar atau kuliah tamu bersama pembicara para praktisi dari Tokopedia. Acara Tech A Break Goes to Campus kali ini berlangsung dengan topik: “Inside Tokopedia’s Analytics: A Business is Only Good as Its Data Analytics”. Hadir pada acara ini adalah sekitar 150 mahasiswa Universitas Ciputra dari program studi Teknik Informatika (IMT), Sistem Informasi (ISB), dan Visual Communication Design (VCD).

Hadir sebagai pembicara di acara ini adalah Qlea Roskiando – Senior Data Analyst Tokopedia dan Chyntia Megawati – Data Analyst Tokopedia. Kedua pembicara membagikan pengetahuan dan pengalaman selama bekerja di Tokopedia sebagai Data Analyst. Pada sesi ini dibahas pentingnya Data Analytic dalam proses pengambilan keputusan untuk operasional sebuah perusahaan, utamanya untuk sebuah startup digital. Selain itu dibahas pula bagaimana Tokopedia mengimplementasikan data analytics di perusahaannya, serta tahapan yang harus ditempuh.

Tokopedia: Tech A Break at Universitas Ciputra

Tokopedia: Tech A Break at Universitas Ciputra