Pada bulan Maret 2019, satu lagi prestasi membanggakan diukir oleh 3 orang mahasiswa Informatika Universitas Ciputra. Team Informatika (IMT) UC berhasil menjadi juara pertama di kompetisi Nasional FIT Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga!

Kompetisi Nasional FIT Competition 2019

Faculty Of Information Technology Competition 2019 atau disingkat FIT Competition 2019, merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Informatika (HMP S1 TI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Kompetisi ini diadakan karena perkembangan jaman yang berkembang dengan sangat pesat, khususnya di bidang Teknologi Informasi (TI), perlu diimbangi dengan munculnya talenta orang-orang muda Indonesia yang dapat berkiprah di dalamnya. Diharapkan muncul ide inovasi dan implementasi dari ide tersebut ke dalam sebuah solusi nyata, yang memudahkan penggunanya dalam mengolah dan mengerjakan suatu pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual, menjadi lebih mudah, cepat dan akurat baik dari segi penghematan ruang, waktu, dana maupun tenaga. Diharapkan kehadiran smart technology yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan diantaranya di bidang ekonomi, bisnis dan pendidikan.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk mengembangkan solusi ilmu komputer dan informatika untuk memberikan bukti bahwa kita mampu bersaing, melalui kompetisi pengembangan solusi  di bidang Mobile Application, Web dan Computational Intelligence.

Team UC2 Lolos ke Babak Final

Pada kompetisi ini Universitas Ciputra mengirimkan 2 team mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kategori Mobile Application. Salah satu team yaitu: Team UC 2  yang terdiri dari Timotius Leonardo Lianoto (IMT ’17), Wienona Martha Parlina (IMT ’17), dan Henry David Lie (IMT ’17), serta didampingi salah seorang dosen sebagai coach – Bapak Mychael Maoeretz Engel, berhasil melaju ke babak final bersama 9 team dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi di Indonesia. Team lain dari UC menempati posisi 11 dari seluruh peserta, namun belum memenuhi kualifikasi untuk mengikuti babak final yang diselenggarakan di kampus Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Finalis FIT Competition 2019 untuk kategori Mobile Application

  1. Universitas Kristen Satya Wacana (HAY)
  2. Universitas Gadjah Mada (Little Owl)
  3. Universitas Katolik Musi Charitas  (Delta)
  4. Universitas Kristen Petra (Kita Pasti Bisa)
  5. Universitas Ciputra (UC2)
  6. Universitas Telkom (ILMY)
  7. Universitas Bina Nusantara / Binus  (7-Eleven A)
  8. STMIK GI MDP (Alfa)
  9. Universitas Kristen Petra (Michael Foster)
  10. Universitas Putra Indonesia (Cianjur Rescue)
Tim UC2: Timotius, Henry, dan Wienona yang berhasil menjadi Juara FIT Competition 2019

Tim UC2: Timotius, Henry, dan Wienona yang berhasil menjadi Juara FIT Competition 2019

 

Babak Final

Pada tanggal 17 Maret 2019, rombongan team beserta coach berangkat menuju Salatiga dengan semangat yang tinggi untuk memperjuangkan yang terbaik. Meski mengetahui bahwa pesaingnya berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta top di Indonesia, namun percaya diri dan berupaya untuk menghasilkan yang terbaik. Pada tanggal 18 Maret 2019 berlangsung teknikal meeting yang diikuti oleh seluruh peserta, agar kompetisi dengan format Hackathon ini dapat berlangsung lancar keesokan harinya.

Hackathon sendiri berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 19-20 Maret 2019. Pada akhir sesi semua peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan dewan juri, sebelum kemudian diputuskan pemenangnya.

Tim, Henry, dan Wienona mempresentasikan karyanya secara bergantian di FIT Competition 2019 Salatiga

Tim, Henry, dan Wienona mempresentasikan karyanya secara bergantian di FIT Competition 2019 Salatiga

Setelah melalui perjuangan keras, akhir team UC2 dari Teknik Informatika (IMT) Universitas Ciputra (UC) berhasil terpilih sebagai Juara 1 Kategori Mobile pada kompetisi nasional ini, dan berhak atas piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 6.000.000.

Berikut Daftar Pemenang Fit Competition 2019

Kategori Mobile Application

  1. Universitas Ciputra (Team: UC2)
  2. Universitas Putra Indonesia (Team: Cianjur Rescue)
  3. Universitas Katolik Musi Charitas (Team: Delta)
Team UC 2 dari Informatika Universitas Ciputra menerima hadiah sebagai Juara 1 Kategori Mobile pada Fit Competition 2019 yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana

Team UC 2 dari Informatika Universitas Ciputra menerima hadiah sebagai Juara 1 Kategori Mobile pada Fit Competition 2019 yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana

Kategori Web 

  1. Institut Teknologi Bandung (Team: LIP)
  2. Universitas Kristen Satya Wacana (Team: Sobat Coding)
  3. Universitas Negeri Gorontalo (Team: Stick2)

Kategori Computational Intelligence

  1. Intitut Teknologi Bandung (Team: Nyan-Path Problem)
  2. Universitas Kristen Satya Wacana (Team: FJT)
  3. Universitas Kristen Petra (Team: AAA)

 

Congratulations!

Selamat kepada Timotius Leonardo Lianoto (IMT ’17), Wienona Martha Parlina (IMT ’17), Henry David Lie (IMT ’17) , semoga prestasi ini menjadi permulaan dari berbagai prestasi lainnya, dan bermanfaat bagi masa depan masing-masing.

Viva Informatika UC (IMT)!

 

written by: SEW (20190416)

Poster FIT Competition 2019

Poster FIT Competition 2019