Sebagai kelanjutan dari inkubasi pelajar 2016 yang merupakan kerjasama antara Jurusan Teknik Informatika  dengan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Surabaya dengan Universitas Ciputra, pada tanggal 27 Agustus 2016 kembali dilaksanakan Training Bisnis Online. Hampir seluruh dosen Program Information & Multimedia Technology (IMT) dan Program Management Information System (MIS) Unversitas Ciputra terlibat dalam rangkaian acara yang terselenggara sebanyak 3 kali pertemuan selama Bulan Agustus 2016 ini.

Berfoto Bersama depan Patung Entrepreneurship

Berfoto Bersama depan Patung Entrepreneurship

Para siswa yang berasal dari beberapa SMA dan SMK begitu antusias untuk mengikuti kegiatan Inkubasi Pelajar 2016 ini mulai dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga yang merupakan pertemuan terakhir ini. Kesempatan langka ini tidak mereka sia-siakan meski berarti mereka harus menghabiskan waktu libur mereka untuk belajar.

Materi Digital Marketplace di Inkubasi Pelajar 2016

Bertempat di Laboratorium Komputer di Kampus Universitas Ciputra, pelatihan diawali dengan pengenalan digital marketplace oleh Pak Rinabi Tanamal yang sering dipanggil dengan sebutan Pak Robby ini. Pak Robby mengupas habis berbagai digital marketplace yang sekarang sedang menjamur di Indonesia. Pengalaman beliau memanfaatkan berbagai platform jual beli tersebut dipaparkan secara mendetail dalam sesi ini.

Setelah materi pengenalan digital marketplace, siswa dilatih agar dapat secara terampil mendaftarkan usahanya beserta produknya pada salah satu digital marketplace terkemuka di Indonesia oleh Pak Yuwono Marta Dinata. Setelah sesi ini, setiap siswa dapat langsung memanfaatkan digital marketplace tersebut untuk memasarkan produknya masing-masing.

Inkubasi Pelajar 2016 Sesi 2: Pekku.com

Setelah toilet dan snack break, acara dilanjutkan kemudian dengan sesi berikutnya dengan topik membuat situs web dan online store. Pada sesi ini siswa diberikan ketrampilan untuk menggunakan sebuah situs web yang menyediakan pembuatan situs web dengan mudah melalui cara drag and drop. Situs web yang dimaksud adalah Pekku.com, sebuah startup di bidang teknologi yang berasal dari Kota Surabaya.

Pekku

Pekku

Siswa nampak dengan bersemangat untuk mencoba berbagai tools yang disediakan, di bawah bimbingan team dari Pekku.com sebanyak 8 orang. Tidak ketinggalan pula dengan CEO sekaligus Founder Pekku.com, Kelvin Allendro Susetyo turun langsung memandu para siswa untuk memanfaatkan fitur pembuatan web dengan mudah ini.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, para siswa dan mentor bersama-sama menuju patung Entrepreneurship yang terletak di depan kampus Universitas Ciputra. Peluang untuk berfoto bersama merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan, apalagi dengan background patung yang sangat iconic ini.

1, 2, 3... Jump!

1, 2, 3… Jump! berfoto bersama di depan patung Entrepreneurship Universitas Ciputra yang iconic

Semoga apa yang telah dipelajari bermanfaat bagi para siswa dan semoga di kesempatan lain lebih banyak lagi  pengetahuan dan keahlian yang bisa dibagikan!

 

written by: 20160827 SEW