Tiga orang mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra memiliki kepekaan terhadap lingkungan yang seringkali diabaikan oleh sebagian masyarakat pada masa kini. Berawal dari pengamatan terhadap begitu banyaknya pencemaran yang terjadi di sungai, Kartika Damayanti, Teodore Adiputra, dan Lisa Wijayanti memiliki ide untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk upaya mengurangi pencemaran tersebut. Laporkan Pencemaran Sungai! itulah salah satu fitur utama yang dikembangkan melalui situs web yang mereka buat yang mendapatkan perhatian dari salah satu situs pemerhati lingkungan hidup khususnya hutan.

Para mahasiswa program Management Information System (MIS) tersebut mengembangkan sebuah situs web yang memungkinkan masyarakat yang memiliki kepedulian yang sama terhadap pencemaran sungai untuk dapat melaporkan kasus-kasus pencemaran sungai. Laporan yang ada nantinya akan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jalur untuk memberikan masukan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Dengan berbagai fitur yang disediakan seperti fitur utama yang tersedia seperti Mulai Lapor, Creative Recycle, Biolitik, Pollution Map, dan Laporan Terbaru, situs yang dikembangkan mahasiswa Universitas Ciputra tersebut diharapkan sebagai sarana komunikasi maupun sebagai sarana edukasi masyarakat mengenai pentingnya kebersihan sungai.

Laporkan Pencemaran Sungai melalui Kaliresik.org

Laporkan Pencemaran Sungai melalui Kaliresik.org

Situs web yang dapat diakses melalui alamat http://www.kaliresik.org ini telah menerima beberapa masukan dari masyarakat sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2015. Kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur juga telah dijalin. Semua laporan yang masuk ke situs ini diteruskan ke BLH untuk kemudian mendapatkan perhatian khusus dan ditindaklanjuti.

Website KaliResik merupakan sebuah gerakan sadar pentingnya air sungai di sekitar masyarakat. Air sungai merupakan faktor penting bagi kelestarian lingkungan dan sumber kehidupan makhluk hidup. Visinya, tercipta platform yang berfungsi membantu masyarakat memberikan informasi seputar sungai dan mengurangi pencemaran Kali Brantas.

Upaya mereka dalam mengembangkan situs web yang diharapkan dapat menjadi sarana pelaporan ini diapresiasi oleh sebuah situs berita, analisa dan informasi mengenai hutan tropis. Situs Mongabay.co.id memberikan apresiasi luar biasa di artikelnya yang berjudul Hebat! Mahasiswa Surabaya Buat Aplikasi Laporan Pencemaran Sungai.

 

Laporkan Pencemaran Sungai, Hebat! Mahasiswa Surabaya Buat Aplikasi Laporan Pencemaran Sungai

Laporkan Pencemaran Sungai, Hebat! Mahasiswa Surabaya Buat Aplikasi Laporan Pencemaran Sungai

Baca artikel Mongabay: http://www.mongabay.co.id/2015/11/20/hebat-mahasiswa-surabaya-buat-aplikasi-laporan-pencemaran-sungai/

Mongabay.co.id

Mongabay.co.id sendiri merupakan situs web Indonesia yang dijalankan oleh orang-orang Indonesia di Indonesia dan telah memiliki koresponden di seluruh Indonesia. Situs ini merupakan bagian dari Mongabay.com, sebuah situs yang dikunjungi lebih dari dua juta pengunjung setiap bulannya, yang membuatnya menjadi salah satu situs “the most visited eco-focused”. Situs ini telah dipercaya sebagai sumber informasi yang penting dan terpercaya utamanya mengenai hutan, oleh berbagai lembaga, baik dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sampai dengan Badan Pemerintahan dan Perusahaan Swasta. Situs ini juga telah berbagai penghargaan internasional dan telah tampil dalam liputan San Francisco Chronicle, majalah Time, The Wall Street Journal, serta publikasi lokal, nasional, dan internasional lainnya.

written by: SEW 20151120