Program Studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya pada tanggal 20 Oktober 2020 telah menerima penetapan dan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bahwa program studi ini mendapatkan peringkat Akreditasi A dengan nilai 365. Prestasi ini tidak didapat dengan mudah, dan merupakan perjuangan panjang komitmen program studi dalam perbaikan kualitas secara berkesinambungan. Akreditasi ini menilai program studi dengan 7 standard akreditasi:

  • Standar 1 Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian
  • Standar 2 Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu
  • Standar 3 Mahasiswa dan Lulusan
  • Standar 4 Sumber Daya Manusia
  • Standar 5 Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik
  • Standar 6 Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi
  • Standar 7 Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama

Perjuangan Program Studi Informatika UC Meraih Akreditasi A

Proses akreditasi sendiri dimulai dari pengumpulan borang akreditasi yang telah dilakukan pada bulan Maret 2019 dan kemudian diperbaharui dengan data tambahan kinerja 1 tahun pada Maret 2020, dan kemudian dilakukan proses asesmen lapangan pada tanggal 9 hingga 10 Oktober 2020 yang lalu. Selama 2 hari tersebut asesor melakukan proses konfirmasi berbagai bukti kinerja dan juga melakukan serangkaian wawacara dengan para stake holders.

Team Visitasi Akreditasi berfoto bersama setelah menyelesaikan rangkaian acara visitasi

Team Visitasi Akreditasi berfoto bersama setelah menyelesaikan rangkaian acara visitasi pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2020

Menurut asesor kekuatan dari program studi ini adalah kurikulum yang telah memiliki orientasi ke masa depan dengan peminatan ke Games Development, Artificial Intelligence dan juga Internet of Things. Selain itu proses penjaminan mutu dan sistem informasinya telah berjalan dengan baik dan menopang terselenggaranya pendidikan berkualitas. Dukungan fasilitas juga tidak diragukan lagi kualitasnya dan dianggap sangat dapat mendukung proses belajar mengajar. Tidak ketinggalan kerjasama dengan Apple Inc. melalui Apple Developer Academy @ UC juga merupakan salah satu titik kekuatan.

Penetapan dan Sertifikat Akreditasi untuk Program Studi Informatika UC

Akhirnya setelah menunggu proses penilaian selama sekitar 10 hari, akhirnya pada tanggal 20 Oktober 2020 program studi menerima penetapan dari akreditasi program studi Informatika UC dengan predikat A yang merupakan predikat tertinggi.

 

Sertifikat Akreditasi A Program Studi Informatika UC

Sertifikat Akreditasi Program Studi Informatika UC

Semoga prestasi ini bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni, serta dapat mendorong prestasi program studi lebih tinggi dalam upayanya untuk mencapai visi menjadi sebuah program studi kelas dunia.

Fun fact:

  • Proses penyusunan borang hingga penetapan dilaksanakan lebih dari 2 tahun, dimana pada tahun kedua ada penambahan TS sehingga dapat dikatakan team membuat 2 borang akreditasi
  • Visitasi akreditasi diselenggarakan pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2020, tanggal cantik: 10102020
  • Pengumuman penetapan akreditasi juga dipublikasikan pada tanggal cantik 20 Oktober 2020 atau 2010-2020

 

written by:

SEW 20201020