Sosialisasi Kebijakan Mendikbud mengenai pengenalan Computational Thinking untuk siswa SD-SMP-SMA disambut baik oleh Informatika UC. Simak artikel berikut untuk informasi selengkapnya.

Informatika UC Sosialisasi Kebijakan Mendikbud

Informatika Universitas Ciputra turut mendukung Kebijakan Mendikbud untuk memperkenalkan Informatika dan Komputer, khususnya melalui pendidikan dan pengajaran Computational Thinking kepada para  guru di sekolah agar kemudian dapat diteruskan kepada seluruh anak didiknya. Kegiatan ini diawali dengan bergabungnya Informatika UC sebagai Bebras Biro, dimana Bebras sendiri merupakan sebuah lembaga non profit yang diikuti oleh lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Salah satu kegiatan utama dari Bebras adalah mengadakan Bebras Challenge yang merupakan tantangan bagi siswa SD-SMP-SMA dalam hal Computational Thinking.

Sosialisasi Kebijakan Mendikbud - Computational Thingking, dii Sekolah Ciputra

Sosialisasi Kebijakan Mendikbud – Computational Thingking, di Sekolah Ciputra

Pada tanggal 19-20 Februari 2020 yang lalu Informatika UC mengundang Bu Maresha Caroline dari UK Maranatha yang merupakan salah satu trainer dari Bebras yang telah berpengalaman membina beberapa sekolah terkait dengan Computational Thinking dan Bebras. Pada acara yang berlangsung selama 2 hari ini Bu Maresha bersama beberapa dosen melakukan sosialisasi dan training ke Sekolah Ciputra dan Sekolah Citra Berkat yang merupakan sekolah di Yayasan Ciputra Pendidikan. Selain itu, dilakukan training for trainers yang tidak hanya diikuti oleh para dosen Informatika dan Sistem Informasi Universitas Ciputra, namun juga perwakilan dari Teaching and Learning Center UC dan juga dari Bebras Biro UK Petra.

written by: SEW 20200227

Universitas Ciputra Surabaya Sosialisasi Kebijakan Mendikbud soal Sistem Pembelajaran SD hingga SMA

SURYA.co.id | SURABAYA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang akan mencanangkan kompetensi Computational Thinking untuk sistem pembelajaran mulai SD, SMP, SMA se-Indonesia.

Computational Thinking merupakan pola berfikir dalam memecahkan suatu masalah agar mendapat solusi lebih baik dan dapat dipahami manusia dan komputer.

Hal itu direspons Maresha Caroline perwakilan Bebras Indonesia, organisasi edukasi non-profit lewat sharing dengan dosen Universitas Ciputra Surabaya, Rabu (19/2).

Sosialisasi Kebijakan Mendikbud mengenai Computational Thinking, pic courtesy of Surya.co.id

Sosialisasi Kebijakan Mendikbud mengenai Computational Thinking, pic courtesy of Surya.co.id

“Ini merupakan kegiatan sharing mengenai Computational Thinking dengan puluhan dosen Universitas Ciputra untuk nantinya menyebarkan ke guru di sekolah-sekolah se-surabaya,” kata Maresha Caroline. “Dan guru disekolah-sekolah nantinya diharapkan dapat mengedukasi tentang Computational Thinking kepada anak didiknya,” imbuhnya.

Selain itu, Maresha bersama dosen-dosen Universitas Ciputra sempat mengunjungi Sekolah Citra Berkat Citraland Surabaya dan Sekolah Ciputra. “Kami melakukan Introduction, Saya bersama pak Eko, bu Laura, serta dosen-dosen Universitas Ciputra mengenalkan Computational Thinking ke dua sekolah tersebut,” sambung Maresha Caroline.

Selain itu, Maresha membeberkan, bahwa Bebras Indonesia baru saja mendapat dana hibah dari google.org sebesar US$1 juta untuk membantu pelatihan guru dan murid.

Sementara itu, Kordinator Bebras Biro Universitas Ciputra Surabaya, Stephanus Eko Wahyudi mengatakan bahwa pihaknya ingin berperan dalam mendorong siswa untuk bersaing di dunia yang semakin besar tuntutan dalam bidang TIK. “Kami akan bekerja sama dengan dinas pendidikan agar kami mendapat support secara langsung dari dinas pendidikan karena mempunyai otoritas pendidikan diareanya,” kata Eko sapaan akrab Stephanus Eko Wahyudi.

“Setelah itu kami akan mengupayakan agar siswa dapat mengukur potensi dengan mensupport gerakan ini untuk mempersiapkan guru-guru dalam merubah pola pikir siswa pada Computational Thinking, untuk sekolah yang berminat bisa mengontak UC,” tutup Eko.

Disclaimer

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Universitas Ciputra Surabaya Sosialisasi Kebijakan Mendikbud soal Sistem Pembelajaran SD hingga SMA, https://surabaya.tribunnews.com/2020/02/19/universitas-ciputra-surabaya-sosialisasi-kebijakan-mendikbud-soal-sistem-pembelajaran-sd-hingga-sma.
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin