Oracle APEX

Oracle APEX atau Oracle Application Express merupakan sebuah platform pengembangan aplikasi yang bersifat low-code. Dengan memanfaatkan sistem ini aplikasi perusahaan yang dibangun dapat discale-up dan aman. Sistem ini merupakan sebuah sistem yang terjamin karena memiliki fitur kelas dunia, serta pemanfaatannya dapat dilakukan di mana saja. Dengan pemanfaatan sistem ini perusahaan akan dapat mengantisipasi perubahan dengan lebih gesit dan dapat memformulasikan solusi dengan lebih cepat, biaya lebih murah, dan dengan konsistensi yang lebih besar.

Oracle APEX @ Oracle Virtual Student Day

Oracle APEX @ Oracle Virtual Student Day

Oracle Virtual Student Day

Pada tanggal 15 Oktober 2019 mulai pk: 12:30, Oracle mengadakan Oracle Virtual Student Day, sebuah webinar yang dapat diakses dari seluruh dunia. Melalui event ini, mahasiswa dapat mempelajari Oracle APEX, utamanya pada teknik dan tool yang diperlukan untuk mengembangkan web berbasis database. Dalam sesi ini, mahasiswa diajarkan bagaimana merancang, dan menyebarkan aplikasi web yang menarik, responsif menggunakan Oracle Application Express.
Acara yang berlangsung dalam durasi selama 3 jam ini diberikan oleh Chaitanya Koratamaddi, Oracle Principal Product Manager, Oracle Application Express, India. Program Studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra sebagai salah satu partner dan member Oracle Academy, turut berpartisipasi dalam acara ini. Mahasiswa mengikuti acara ini baik dari rumah masing-masing maupun dapat mengikutinya di fasilitas studio program studi Informatika yang telah dilengkapi dengan wifi. Simak video berikut ini untuk mendapatkan gambaran mengenai acara ini:

 

 

Materi Oracle APEX pada Oracle Virtual Student Day

Pada sesi pertama, mahasiswa akan dikenalkan dengan beberapa topik yang terdiri dari: Intro to web application development, Database applications, Low code framework, dan Oracle APEX. Pada sesi ini juga dilakukan demonstrasi dari berbagai topik yang diberikan. Pada sesi kedua, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung apa yang telah diterima, dimana mahasiswa dipandu mulai bagaimana membangun tabel, memuat data, membuat aplikasi, memperluas aplikasi, dan menggunakan aplikasi. Akhirnya, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melontar pertanyaan dan kemudian dijawab oleh pembicara, sebelum akhirnya ditutup.

Bagi yang tidak berkesempatan melihat webinar ini secara langsung, masih dapat mengikutinya melalui video on demand dengan mendaftar pada form yang terdapat pada link berikut:

Oracle Virtual Student Day: Oracle APEX

Penutup

Semoga acara ini memberikan inspirasi dan juga bermanfaat bagi seluruh mahasiswa yang berpartisipasi, tidak hanya karena mendapatkan sertifikat, namun lebih kepada pengetahuan dan keahlian yang diperoleh dan dapat diterapkan pada berbagai kebutuhan di masa mendatang.

Salam Entrepreneur!

 

written by: SEW 20191022