Maria Tjahjadi, Data Warehouse Lead Tokopedia, pada tanggal 23 Maret 2018 berkesempatan hadir di kampus Universitas Ciputra. Pada kesempatan ini Maria membagikan pengalaman dan pengetahuannya terkait dengan Big Data dan E-Commerce.

Maria Tjahjadi merupakan alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra angkatan 2007 yang merupakan tahun pertama UC beroperasi. Setelah lulus dari Universitas Ciputra, Maria telah bekerja di berbagai perusahaan antara lain selama 6 tahun sebagai data scientist dan data architect di Teradata. Pada bulan Desember 2017, Maria akhirnya bergabung sebagai Data Warehouse Lead di Tokopedia.

Kuliah Tamu Big Data

Pada kesempatan ini Maria didapuk sebagai keynote speaker di launching Information System for Business (ISB) Universitas Ciputra yang telah berlangsung pada tanggal 22 Maret 2018. Pada hari kedua kunjungannya, Maria berkesempatan untuk hadir di kelas Data & Web Mining untuk membagikan keahliannya dalam mengolah data dalam jumlah yang sangat besar, atau dikenal dengan Big Data.

Maria Tjahjadi alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra - Data Warehouse Lead Tokopedia

Maria Tjahjadi alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra – Data Warehouse Lead Tokopedia

Kuliah tamu diawali dengan perkenalan dan juga menampilkan profil singkatnya. Maria kemudian mengenalkan Ecommerce, Marketplace, dan pada akhirnya Big Data. Melalui berbagai contoh kasus Maria menjelaskan pemanfaatan Big Data dalam berbagai perusahaan. Mahasiswa mendapatkan berbagai insight mengenai manfaat dan keuntungan Big Data melalui pemaparannya.

Big Data Technology

Apa saja teknologi yang perlu dipelajari untuk menerapkan pemanfaatan Big Data? begitu banyak yang harus dikuasai. Untuk berkarir di bidang ini, seseorang harus fokus ke salah satu bagian agar dapat benar-benar menjadi spesialis yang kompeten.

Big Data Landscape, Source: Matt Turk http://mattturck.com/big-data-landscape-2016-v18-final/

Big Data Landscape, Source: Matt Turk http://mattturck.com/big-data-landscape-2016-v18-final/

Saat ini begitu banyak posisi baru di dunia teknologi informasi dan komunikasi. Terkait dengan Big Data ada beberapa peran atau posisi yang muncul, antara lain: Biz Analyst, Data Scientist, Developer, Data Engineer, dan DevOps. Sebagai Analyst terdapat posisi Business Inteligence (BI), Data Architect (DA), Data Scientist (DS). Sedangkan sebagai Engineer ada posisi Data Engineer dan Data Warehouse atau lebih dikenal sebagai DevOps.

Data Engineer mengambil data yang berasal database, web, internet atau berbagai sumber. Pengetahuan tentang cloud sangat penting, misalnya AliCloud, AWS, dan lain-lain. Java dan Python merupakan 2 Bahasa pemrograman yang sangat banyak dipergunakan oleh Data Scientist oleh mengolah data. Selain itu   pengusaan Apache Hadoop merupakah salah satu nilai tambah.

Apabila yang dipilih adalah profesi Data Scientist, maka pengusaan Python programming language merupakan salah satu hal utama. Tidak kalah pentingnya bahkan mungkin bisa dikatakan lebih penting adalah penguasaan ilmu Stastistika.

Peserta Kuliah Tamu Big Data bersama Maria Tjahjadi dari Tokopedia

Peserta Kuliah Tamu Big Data bersama Maria Tjahjadi dari Tokopedia

Maria kemudian menjelaskan berbagai profesi lainnya yang bermunculan dan terus dikembangkan dan dimanfaatkan dalam dunia startup. Berbagai profesi dan kebutuhan pengetahuan dan keahlian untuk menunjang profesi terus menjadi fokus dari kuliah tamu ini. Acara yang berlangsung seru ini membuat durasi yang sepanjang 120 menit ini terasa begitu singkat. Di akhir presentasinya Maria berjanji akan kembali hadir di kampus tercinta ini untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan sebagai bagian dan sumbangsihnya pada almamater.

Sampai jumpa lagi!

written by: SEW 20180323