Pada tanggal 27 November 2016 telah diselenggarakan Global Mobile Challenge (GMC) Sesi Country Semi Final Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) bekerjasama dengan dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Dicoding ini, merupakan rangkaian Global Mobile Challenge 2016.

Global Mobile Challenge

Global Mobile Challenge

Global Mobile Challenge

Global Mobile Challenge adalah kompetisi entrepreneurship dimana para innovator muda dari seluruh dunia bertemu setiap tahun. Global Mobile Challenge menjadi sarana dan kesempatan untuk aplikasi dan game berbasis mobile untuk menjadi produk yang sukses. Challenge ini diadakan oleh Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) dan didukung oleh Dicoding Indonesia. Peserta acara bertingkat internasional ini berasal dari kalangan profesional dan mahasiswa di enam benua. Kompetisi yang telah dimulai sejak tahun 2013 di Timur Tengah ini, saat ini diselenggarakan di lebih dari 60 negara di Eropa Timur Tengah, Eurasia, Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Berbagai mitramitra internasional turut mendukung penyelenggaran Global Mobile Challenge 2016 ini, antara lain: GSMA, IE, 4YFN, Imtiaz dan The Applied Innovation Institute.

Penyelenggaraan GMC 2016 dibagi menjadi tiga tahap, yaang terdiri dari tahap Country Semi Final, Asia-Pacific Regional Final dan Global Mobile Challenge Grand Final. Sesi Country Semi Final Indonesia telah diselenggarakan di Jakarta, yang berlangsung pada tanggal 27 November 2016. Pada tahap ini dilaksanakan pemilihan tim terbaik yang akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Asia-Pacific Regional Final yang diselenggarakan di Singapura. Para peserta dipilih dan diseleksi dari ratusan pendaftara untuk kemudian melakukan pitching session di depan para juri yang kemudian menentukan pemenangnya.

Peserta yang memenangkan Asia-Pacific Regional Final akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Global Mobile Challenge Grand Final di Barcelona, Spanyol. Pada Country Semi Final Asia-Pacific, akan dipilih berbagai kontestan dari 10 negara dengan aplikasi terbaik.

Kriteria

Ketentuan dari aplikasi yang diikutsertakan dalam ajang ini adalah sebagai berikut:

  • Produk adalah berupa aplikasi atau game berbasis mobile.
  • Produk berjalan di platform Android.
  • Produk harus sudah publish di Google Play Store.

Kriteria Utama dari aplikasi yang memenangkan kompetisi ini adalah berdasarkan:

  • Innovasi dari produk yang dikembangkan.
  • Dampak prositif masyarakat di Indonesia yang disumbangkan oleh aplikasi.
  • User interface dan User Experience dari produk yang dibuat.
  • Efektifitas dari produk yang dibuat.

 

Aplikasi Mahasiswa Teknik Informatika Program Information & Multimedia Technology (IMT) UC Berhasil Menembus Top 10 Global Mobile Challenge 2016 Indonesia

Vacca, karya mahasiswa IMT UC - Finalis Global Mobile Challenge 2016 Indonesia

Vacca, karya mahasiswa IMT UC – Finalis Global Mobile Challenge 2016 Indonesia. Photo: Ian Budi Kurniawan di baris kedua paling kiri.

Pada Global Mobile Challenge Indonesia 2016 terdapat 141 aplikasi yang mendaftarkan dirinya. Setelah melewati sesi presentasi pitching dihadapan tim juri yang terdiri dari pihak GEPI, Dicoding dan BEKRAF, dipilihlah 10 aplikasi terbaik, yang terdiri dari: Vacca (IMT UC), Froggy and The Pesticide, Kartoo, Kulakan, Ojesy, Pippo Belajar Huruf Alfabet, Snapcart, Taptopick, Tebak Gambar, dan Uangku. Setelah melalui proses pitching, yang dipilih juri untuk menjadi pemenangnya adalah Snapcart.

Vacca

Dalam ajang ini,  Vacca- aplikasi yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Ciputra ini berhasil menembus 10 aplikasi terbaik di Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan oleh 2 orang mahasiswa program Information and Multimedia Technology (IMT) ini,  Ian Budi Kurniawan dan Yuki Angelia,  berfungsi untuk membantu ibu atau bapak muda dalam mengawasi kesehatan anaknya, terutama dalam hal mengingatkan jadwal imunisasi.

Baca juga: