Menjadi Indonesia, Inovasi Angkat Keberagaman Indonesia Melalui Karya

Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora Universitas Ciputra senantiasa berupaya untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari beberapa mata kuliah umum melalui berbagai inovasi. Pada semester Gasal 2016-2017 misalnya, fakultas ini menelurkan inovasinya dalam upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah umum.

Inovasi yang diselenggarakan adalah berupa penyelenggaraan mata kuliah Menjadi Indonesia, yang berisi mata kuliah terintegrasi dari beberapa mata kuliah seperti: Bahasa Indonesia, Agama, Pancasila, dan Kewarganegaraan. Inovasi ini merupakan bagian dari grant yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2016 dalam Program Hibah General Education (PHGE).

Mata kuliah Menjadi Indonesia dibagi menjadi 2 bagian, yang masing-masing disebut Menjadi Indonesia A dan Menjadi Indonesia B. Setiap mata kuliah mendapatkan beban 4 sks, yang dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Salah satu aktivitas luar kelas yang telah dilaksanakan adalah kunjungan dan menginap selama 1 malam di Trowulan, di mana mahasiswa diharapkan akan memiliki apresiasi lebih terhadap budaya Indonesia, serta lebih mencintainya. Melalui program ekplorasi keberagaman ini diharapkan pula empati mahasiswa terhadap masyarakat juga meningkat.

Karya Mengenai Keberagaman Indonesia

Di akhir perkuliahan, mahasiswa diminta menghasilkan sebuah karya berdasarkan apa yang telah mereka pelajari mengikuti mata kuliah tersebut. Beragam karya mulai dari desain mug hingga website dihasilkan oleh para mahasiswa yang terdiri dari program studi Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya, baik dari program Information & Multimedia Technology (IMT) maupun Management Information System (MIS).

Bohby Petrus misalnya, membuat sebuah karya berupa prototype majalah digital yang disebut dengan nama Revelations. Prototype ini dibuat secara tematik dan berupaya untuk menonjolkan kearifan Majapahit dan Trowulan. Sementara itu kelompok lain yang terdiri dari Fillbert Hartawan dan Dewi Salma Salsabila menghasilkan sebuah mug yang memiliki desain bertemakan keragaman bahasa dan suku.

Perkembangan Pribadi untuk mencintai Keberagaman Indonesia

Semoga apa yang mereka kerjakan  ini memberikan fondasi yang kuat khususnya bagi perkembangan pribadi mereka sebagai orang Indonesia, serta memberikan sumbangsih bagi negera Indonesia tercinta.

Kegiatan Menjadi Indonesia maupun beragam karya yang dihasilkan oleh para mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra program Information & Multimedia Technology (IMT) maupun Management Information System (MIS) ini mendapatkan ulasan dari media Koran Surya, 28 November 2016. Artikel dapat dibaca di: Lewat MIA, Mahasiswa UC Angkat Keberagaman Indonesia dalam Karya

Liputan Koran Surya pada mata kuliah Menjadi Indonesia: Mahasiswa menunjukkan karyanya untuk meningkatkan kebanggaan akan keanekaragaman budaya dan ras di Indonesia dalam pameran Ujian Akhir Semester mata kulih terintegrasi Menjadi Indonesia A di Universitas Ciputra (UC), Senin (28/11/2016).

Liputan Koran Surya pada mata kuliah Menjadi Indonesia: Mahasiswa menunjukkan karyanya untuk meningkatkan kebanggaan akan keanekaragaman budaya dan ras di Indonesia dalam pameran Ujian Akhir Semester mata kulih terintegrasi Menjadi Indonesia A di Universitas Ciputra (UC), Senin (28/11/2016).