Peter William yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika program Management Information System (MIS) angkatan 2014, bulan Mei 2016 lalu berhasil menjadi jawara di acara Startup Weekend Surabaya 2016. Pada acara yang didukung oleh Google for Entrepreneurs ini, Peter membawa idenya untuk mengembangkan sebuah aplikasi FitFinders yang diawali dalam mata kuliah Entrepreneurship 4 dengan mentor David Boy Tonara dan Adi Surya Putra.

Acara Startup Weekend sendiri merupakan sebuah acara yang berlangsung selama 54 jam, yang bertujuan untuk mengumpulkan para designers, developers, entrepreneurs, dan experts dari berbagai bidang untuk mengerjakan sesuatu yang hebat. Pada hari pertama peserta diminta untuk melakukan proses pitch (upaya untuk mempengaruhi orang untuk menerima atau membeli ide) dan menerima feedback dari peers (kelompok). Ide yang dianggap bagus dilanjutkan kemudian pada tahap-tahap selanjutnya dengan team yang dibentuk dari sesama peserta. Pada hari kedua setiap team bekerja keras untuk berupaya mewujudkan ide tersebut dalam bentuk produk nyata. Produk tersebut kemudian di launch pada hari ketiga, sekaligus dipresentasikan di depan para juri.

Suasana Startup Weekend Surabaya

Suasana Startup Weekend Surabaya

Peter yang menemukan passionnya untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi informasinya pada saat mengikuti mata kuliah Entrepreneurship 4 di Guild Technology ini mengaku, bahwa keikutsertaannya berkat dorongan mentor yang membimbing pada mata kuliah tersebut.

Acara yang berlangsung pada tanggal 27-29 Mei 2016 ini didukung oleh serangkaian nama-nama beken yang sudah berpengalaman di dunia teknologi di Indonesia. Selain Adryan Hafizh yang berperan sebagai speaker, dalam event ini juga hadir David Soukhasing – Head of ANGIN (Angel Investment Network Indonesia), Silvia Ratna, Faiz A.Rahman – Invenstment Analyst at Convergence Ventures yang menjadi juri yang menilai berbagai ide startup. Tidak ketinggalan pula para mentor yang hebat, yaitu Kelly Octavian managing Partner Crackerz, Minghadi Suryajaya founder 1001 Malam, Zainal Arifin, Bayu Prasetya, Micahel Sugiarto – founder celebgramme.com, Ivan Sielegar Ceo HelloMorra.com, Rudy Setiawan CEO dari Wowrack, Michael Rendy – founder dari Keepo.me, dan Ong Pendopo co-founder dari GBS Group.

Startup Weekend - MIS UC Juara 1. Peter William (MIS Universitas Ciputra) - kedua dari kanan

Startup Weekend – MIS UC Juara 1. Peter William (MIS Universitas Ciputra) – kedua dari kanan

Berbagai pengalaman berharga didapat Peter dari acara yang berlangsung 3 hari 3 malam ini. Kerja keras tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan, dimana Peter dengan team baru yang dibentuknya berhasil menjadi Juara Pertama. Kontribusi dari Yugo Artono yang merupakan CEO dari startupspeakup, Budi dan Ketut Oka sebagai anggota team tidak kalah pentingnya dalam prestasi yang diraih Peter ini.

Aplikasi FitFinder yang bertujuan untuk mempertemukan orang yang ingin beraktivitas sesuai dengan hobinya tetapi tidak mempunyai kenalan atau kawan ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari juri. Meski bisa dikembangkan untuk berbagai jenis hobi, namun aplikasi ini difokuskan untuk mencari teman atau partner dalam beraktivitas olah raga.

Team Juara pada Startup Weekend,. Peter William - penggagas ide dari Teknik Informatika - MIS Universitas Ciputra (jongkok di kanan depan)

Team Juara pada Startup Weekend,. Peter William – penggagas ide dari Teknik Informatika – MIS Universitas Ciputra (jongkok di kanan depan)

Semoga aplikasi ini terus dikembangkan dan dapat memenuhi harapan para penggunanya. Selamat Peter William atas prestasinya, semoga diikuti dengan berbagai prestasi lainnya yang membanggakan. Tidak ketinggalan pula diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika lainnya, baik dari program Management Information System (MIS) maupun Information & Multimedia Technology (IMT) Universitas Ciputra!

 

 

written by:
20160624 SEW (based on Peter reports)

photos courtesy of:
Peter William