Microsoft Technology Center (MTC) merupakan fasilitas yang dikembangkan dan disediakan oleh Microsoft di berbagai lokasi di seluruh dunia. Pada saat artikel ini dibuat lebih dari 30 lokasi di dunia telah tersedia MTC, termasuk di antaranya di Singapore. Apa sih MTC dan layanan apa yang tersedia?

Microsoft Technology Center merupakan sebuah fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai teknologi maupun layanan yang disediakan oleh Microsoft untuk berbagai kebutuhan di bidang teknologi informasi. Informasi mengenai teknologi Cloud Computing yang saat ini menjadi salah satu teknologi yang sedang trendy, dapat juga diperoleh di MTC. Berbagai perangkat IT terbaru juga dipamerkan di MTC, utamanya perangkat yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri maupun oleh partner dari Microsoft.

 

Microsoft Technology Center Singapore - Data Center

Microsoft Technology Center Singapore – Data Center

Microsoft Technology Center Singapore

Microsoft Technology Centre (MTC) di Asia Tenggara yang pertama dibuka di Singapore pada tanggal 24 April 2012. Bertempat di One Marina Boulevard di Singapura, MTC Singapore mendapatkan kucuran dana yang tidak sedikit dari Microsoft, dengan nilai investasi mencapai US $ 14 juta.

 

Layar Interaktif yang dikombinasikan dengan mobile device

Layar Interaktif yang dikombinasikan dengan mobile device

Pada bulan Januari 2016 lalu sebanyak 22 mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Program Information & Multimedia Technology (IMT) berkesempatan untuk mengunjungi MTC ini. Diterima oleh Jason Chee – Microsoft Technical Evangelist, dalam kunjungan selama sekitar 90 menit tersebut para mahasiswa berkesempatan untuk melihat kondisi data center yang terdapat di gedung ini.

Jason Chee menunjukkan berbagai perangkat dan implementasi IT terbaru dengan Microsoft

Jason Chee menunjukkan berbagai perangkat dan implementasi IT terbaru dengan Microsoft

Selain itu mereka juga berkesempatan mencoba beberapa pemanfaatan perangkat interaktif terbaru yang dikolaborasikan dengan trend Big Data. Setelah puas mengelilingi MTC Singapore ini mahasiswa mendengarkan penjelasan mengenai Microsoft Azure, salah satu layanan cloud computing yang diunggulkan oleh Microsoft.

Jason Chee - Microsoft Technical Evangelist received a gift from Stephanus Eko Wahyudi

Jason Chee – Microsoft Technical Evangelist received a gift from Stephanus Eko Wahyudi

Baca juga: Studi Ekskursi ke Singapore, Belajar Sambil Travelling

Cloud Computing dengan Microsoft Azure di Microsoft Technology Center

Teknologi Cloud Computing merupakan teknologi yang saat ini banyak sekali dibicarakan di dunia teknologi informasi. Berbagai keunggulan yang ditawarkan teknologi ini begitu memikat para pengembang aplikasi, mobile apps, maupun corporate untuk memanfaatkannya.

Microsoft Azure

Microsoft tidak mau ketinggalan dengan rivalnya dalam menyediakan jasanya melalui Microsoft Azure. Azure merupakan sebuah platform cloud computing yang ditawarkan oleh Microsoft, yang bertujuan untuk keperluan pengembangan aplikasi dan layanan melalui jaringan global Microsoft. Ada sebanyak lebih dari 50 solusi yang ditawarkan melalui produk ini, dengan beberapa solusi yang menjadi favorit para pengguna jasanya antara lain: web apps, virtual machines, SQL database. machine learning, mobile back-ends, maupun remote app.

Azure-Popular-Solution

Pada saat ditanya apa kelebihan Azure dibandingkan dengan rivalnya, Microsoft mengatakan bahwa Azure memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan berbagai sistem server dengan menggunakan sistem operasi Windows. Microsoft juga berupaya terus berinovasi untuk mengembangan berbagai fitur baru yang mungkin belum dimiliki oleh layanan sejenis. Kekuatan jaringan untuk redundansi dan keamanan data juga terus ditingkatkan di berbagai belahan dunia.

Big Data interaktif dengan memanfaatkan sensor Kinect

Big Data interaktif dengan memanfaatkan sensor Kinect