Menunggu merupakan pekerjaan yang membosankan, dimana waktu yang singkat serasa sedemikian lamanya. Kesabaran seseorang juga diuji saat orang tersebut diminta untuk menunggu. Namun demikian, menunggu di Changi Airport, salah satu airport terbesar dan terbaik di dunia, waktu terasa demikian singkatnya. Seringkali waktu yang tersedia saat transit atau menunggu boarding di bandara ini tidak memenuhi kebutuhan traveller untuk dapat menjelajahi berbagai sudut Changi maupun menikmati fasilitas yang tersedia.

Beberapa kebutuhan yang mungkin dirasakan saat menjelajahi Changi Airport antara lain adalah menyangkut perubahan gate, delay, waktu boarding, dan berbagai informasi lainnya. Informasi mengenai fasilitas, tempat shopping, maupun tempat makan juga merupakan informasi yang banyak dibutuhkan. Lantas apakah ada solusi teknologi informasi yang dapat membantu?

Baca Juga:

iChangi Aplikasi Official dari Changi Airport

Changi Airport Group (Singapore) Pte Ltd mengembangkan sebuah aplikasi official untuk Changi Airport yang diberi nama iChangi. Apakah aplikasi ini benar-benar dapat membantu pengguna layanan di Changi Airport? Salah satu mahasiswa program studi Teknik Informatika program Information & Multimedia Technology (IMT) telah menjajal aplikasi ini langsung di airport tersebut.

Aplikasi mobile iChangi dikembangkan untuk berbagai mobile platform, meliputi: iOS, Android, Windows Phone, Windows 8 Desktop, dan Blackberry. Ribuan pengguna telah memanfaatkan aplikasi ini, dan umumnya memberikan rating yang cukup bagus. Aplikasi ini memiliki berbagai menu yang dapat dimanfaatkan, termasuk di dalamnya menu Home, Flight Info, Terminal Maps, Shop & Dine, Attraction / Facilities, Highlights, Airports Info.

iChangi - Mobile Apps Official Changi Airport

iChangi – Mobile Apps Official Changi Airport

Home / Flight Info

iChangi memiliki desain yang simple namun memiliki berbagai banyak fitur. Kita dapat melakukan pencarian arrival / departure melalui 3 filter ( Flight Number / City Name / Airline Name ). Aplikasi ini merupakan aplikasi dengan tipe real-time application, dimana dengan memasukkan nomer penerbangan atau flight number dalam aplikasi maka mobile phone akan menerima notifikasi apabila ada perubahan flight.

Terminal Maps

Kategori Terminal Maps menampilkan map yang berisi toko – toko (Shop , Dine, Souvenirs) berdasarkan tiap terminal dan tiap lantai. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian tempat Shop / Dine di kotak search.

Shop & Dine

Kategori Shop and Dine memiliki 3 filter (Shop , Dine, Souvenirs), yang dapat di filter lagi melalui (Kategori, Terminal , Shop). Apabila diketemukan sebuah toko atau Shop yang menarik, akan dapat ditampilkan informasi lebih detail dari Shop tersebut, termasuk misalnya produk yang dijual pada toko terkait. Selain itu iChangi juga akan menampilkan jam buka, public area / setelah imigrasi, dan peta di tiap terminal untuk Shop tersebut.

Attractions / Facilities

Kategori Attractions / Facilities menampilkan tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi (Butterfly Garden, Cross Roads, Gym, etc). Informasi detail mengenai atraksi atau fasilitas beserta dan lokasi tempat (peta) tersebut juga dapat dilihat pada aplikasi ini.

Highlights

Kategori Highlights menampilkan berbagai hal yang sedang trending / upcoming event di Changi Airport, misalnya, Starwars at Changi Airport.

Airports Info

Airports Info memberikan informasi – informasi umum / lokasi / fasilitas yang dapat digunakan di Changi Airport, yang di filter menjadi 4 kategori (To & From airport, Inter-Terminal Transfer, Custom Informations, Travel Advisory) yang menjelaskan mengenai lokasi taxi, bus, MRT, tempat peminjaman mobil, bagaimana cara anda pindah dari terminal 1 ke terminal 2, jam operasi Skytrain, cara menerima GST refund, Duty-free Concession, dan Goods & Services Tax Relief dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan iChangi Airport

Aplikasi iChangi merupakan satu – satunya aplikasi yang menyediakan informasi flight secara real-time, bersamaan dengan tempat shopping & dining, dan informasi-informasi umum mengenai Changi Airport, dimana aplikasi lain umumnya hanya digunakan untuk melakukan flight information saja. Desain yang cukup sederhana dan mudah digunakan bagi semua orang yang pernah memanfaatkan smartphone.

Namun demikian ada beberapa hal yang bisa dikembangkan lagi, misalnya redundansi dari menu Home dan Flight Info yang menampilkan informasi yang sama. Selain itu fitur pencarian pada Terminal Maps hanya terbatas pada pencarian Shop / Dine saja.

Hal-hal yang dapat ditambahkan ke aplikasi iChangi adalah menambahkan lokasi user berada di map, sehingga memudahkan pengguna dalam membaca peta. Penambahan fitur Directionmungkin juga akan mempercepat proses pencarian fasilitas maupun tenant yang dituju. Secara overall, iChangi merupakan must have app jika anda ingin mengeksplor di Changi Airport dengan nyaman.

Have fun exploring Changi Airport!

 

written by:
Hendra Setiawan (20413017) 
Mahasiswa Teknik Informatika program IMT 2013
Information and Multimedia Technology
School of Creative Industry

rewritten by:
SEW 20160205